Lihat ke Halaman Asli

Sunan Amiruddin D Falah

TERVERIFIKASI

Staf Administrasi

Crazyconomics: Ekonomi yang Tumbuh Pesat dari Ketidakpercayaan Diri Konsumen

Diperbarui: 22 Januari 2025   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Heryunanto/kompas.id

Pada sebuah tayangan iklan tampak tiga orang gadis muda nan cantik sedang menyantap menu makanan di sebuah meja restoran. 

Salah seorang dari ketiga orang gadis sepertinya tengah menjalankan program diet dengan menjaga pola makan dengan memesan menu makanan sehat. Sementara seorang gadis muda nan cantik lainnya, melakukan program diet dengan mengonsumsi produk diet berupa susu bubuk. 

Al hasil, yang dapat menunjukkan keberhasilan program diet lebih cepat adalah gadis muda cantik yang mengonsumsi produk iklan, yang memperlihatkan tubuh langsingnya dengan adegan menyelipkan bagian tubuh rampingnya mulai dari perut ke bawah di antara bangku-bangku di meja restoran, yang salah satunya di duduki oleh seorang lelaki muda nan tampan.  

Menyelipkan tubuh ramping di sela ruang sempit di mana pun, yang dilewati seorang bintang iklan produk diet seakan menjadi bagian dari adegan promosi paling ikonik dan spektakuler untuk menunjukkan bahwa produk program diet yang sedang diiklankan mempunyai kandungan nutrisi yang ampuh untuk melaksanakan program diet. Mengapa orang mau melakukan diet? 

Orang melakukan diet mempunyai tujuan masing-masing. Pada umumnya tujuan diet mengarah pada menurunkan berat badan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang menarik dan ideal. 

Walaupun ada keterkaitannya dengan alasan kesehatan, seperti mengendalikan kadar kolesterol, gula darah atau sebagai pendukung efektivitas pengobatan penyakit tertentu, tetapi tubuh ramping untuk menjadi pusat perhatian banyak orang, cenderung menjadi tujuan paling kuat bagi produk-produk diet yang dibuat dan dijual oleh berbagai produsen dibanding untuk tujuan kesehatan. Tetapi bagaimana produk dan program diet hadir begitu masif di tengah masyarakat?

Ketidakpercayaan diri merupakan bagian dari ketidakamanan dan ketidaknyamanan yang dimiliki oleh sebagian besar orang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Ketidakpercayaan diri juga cenderung mengakibatkan seseorang yang merasakannya kerap berada dalam kondisi insecure.

Untuk mengakomodasi ketidakpercayaan diri dan perasaan insecure itulah produk-produk diet dan program-program diet lahir sebagai solusi bagi sebagian besar mereka yang memiliki postur tubuh tidak ideal, tidak ramping, gemuk, gendut, tambun, kelebihan berat, kelebihan lemak atau sebutan lainnya yang membuat tingkat percaya diri menurun bahkan tak jarang dibarengi dengan perasaan cemas, gelisah, dan takut dalam menghadapi atau melakukan sesuatu. Seperti apa seharusnya bentuk tubuh yang ideal?

Bentuk tubuh ideal identik dengan tubuh tinggi, kurus, ramping, atau langsing, perut rata dengan berat badan proporsional. Tubuh ideal juga sering kali ditentukan berdasarkan evolusi budaya dan sejarah suatu bangsa. 

Dari masa ke masa, keidealan tubuh yang pada tingkat berikutnya turut membentuk idealitas tentang wajah cantik dan wajah tampan, di masa lalu cenderung ditentukan oleh kekuasan (penguasa) suatu budaya atau bangsa. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline