Lihat ke Halaman Asli

Sunan Amiruddin D Falah

TERVERIFIKASI

Staf Administrasi

6 Bekal yang Dapat Menentukan Arah Gerak Seseorang Setelah Terkena PHK

Diperbarui: 21 Februari 2023   16:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Illustrasi Pemutusan Hubungan Kerja. Sumber : kompas.com (Toto Sihono)

Barangkali tidak ada seorangpun di dunia ini yang mau terkena PHK. Jika pun ada yang mau, pasti karena punya alasan kuat dan berharap akan menerima pembayaran uang pesangon, uang penghargaan masa kerja atau uang penggantian hak yang seharusnya diterima. Apakah mudah?

Tentu saja tidak akan semudah yang diharapkan. Oleh karena tiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuannya sendiri dalam memberikan hak karyawan yang terkena PHK. Terlebih  jika perusahaan tempat bekerja yang melakukan PHK tidak terdaftar secara resmi. Namun bila tanpa diduga kita menjadi salah seorang korban PHK, bagaimana?

PHK tentu bukan akhir kehidupan, sementara sebagai manusia, hidup akan terus berlanjut. Terutama kehidupan dari sisi ekonomi. Dan untuk tetap bisa terus melanjutkan roda perekonomian diperlukan langkah-langkah tepat yang harus segera ditentukan untuk seseorang bergerak setelah terkena PHK.

Adapun langkah -langkah yang akan menentukan arah gerak seseorang yang terkena PHK adalah dengan menimbang bekal yang dimiliki. Bekal yang bisa menentukan arah gerak langkah selanjutanya. Antara lain bekal pengamalan, keterampilan, keahlian, uang pesangon, uang penghargaan, uang penggantian, kemampuan diri, tabungan, aset, mental atau lainnya.

Sesudah menimbang dan kemudian mengetahui bekal yang dipunyai, barulah seseorang dapat menentukan arah gerak selanjutnya. 6 bekal yang kemudian dapat menentukan arah gerak seseorang setelah terkena PHK adalah berikut:

1. Pengalaman

Ada ungkapan mengatakan "Pengalaman tak bisa dibeli" lalu "Pengalaman adalah guru terbaik" dan dari Albert Einstein mengatakan bahwa "Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman". Bekal pengalaman adalah bekal yang dimiliki oleh seseorang dalam hal pekerjaan dan seluruh aktivitas hidup terkait rutinitas, kebiasaan, relasi, koneksi, cara mengambil keputusan, menyelesaikan masalah dan lain sebagainya. Pengalaman setiap orang tentu berbeda dengan orang lainnya. Perbedaan inilah yang kemudian bisa menjadi bekal seseorang untuk menentukan  sikap dan mengambil keputusan apa yang harus dilakukan setelah terkena PHK; cari kerja lagi atau buka usaha.

2. Kemampuan

Bekal kemampuan merupakan kecakapan, kecerdasan, keahlian atau keterampilan yang dimiliki atau dikuasai oleh seseorang. Dengan bekal ini seseorang bisa menentukan sikap dan mengambil keputusan apa yang akan dilakukan setelah terkena PHK.

3. Kegemaran atau hobi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline