Lihat ke Halaman Asli

Inilah Bahan Material Penting untuk Bangun Rumah

Diperbarui: 21 April 2021   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi membangun rumah dengan berbagai bahan material (Sumber : randy fath via unsplash.com)

Kalau anda sedang merencanakan pembangunan rumah, karenanya anda wajib tahu material apa saja yang penting anda beli. Sebab dengan perencanaan yang matang dan pengaplikasian material bangunan yang pas guna karenanya secara otomatis anda sudah menghemat biaya pembangunan rumah itu sendiri.

Berikut ini yakni bahan bangunan yang penting anda beli atau yang paling penting anda adakan saat hendak membangun hunian terutama rumah tinggal dan sejenisnya.

1. PASIR

Pasir yakni salah satu bahan material utama sebuah bangunan. Biasanya pasir diciptakan sebagai bahan campuran semen untuk membikin adonan plester, cor struktur, lem, dan untuk pengisi urugan. Sebab variasinya ada banyak, tak semua pasir sesuai untuk semua konstruksi.

2. BATU KALI DAN BELAH

Batu pondasi yakni salah satu bahan bangunan yang berguna untuk membikin rumah menjadi lebih kokoh. Batuan ini dapat dipakai sebagai pondasi bangunan dengan ketinggian tak lebih dari 10 meter. Kemampuannya dalam membendung bobot berat begitu diunggulkan.

3. BATU SPLIT COR

Saat biasa, sesungguhnya fungsi utama dari batu ini yakni untuk bahan kombinasi utama dari pembuatan beton cor. Jadi, selain menggunakan batu split cor, untuk membikin beton cor ini juga diperlukan bahan yang lainnya.

4. BESI BETON

Sebab melakukan renovasi itu memang tak dapat lepas dari yang namanya material besi. Sebab dalam kesibukan ini lazimnya peran material ini tak dapat lepas dari renovasi rumah. Bermacam-macam itu untuk renovasi karena kerusakan parah dari atap yang bocor, renovasi untuk menambah jumlah kamar, maupun renovasi untuk mengganti contoh rumah. Melainkan variasi renovasi hal yang demikian selalu menggunakan material ini untuk bahan pensupportnya.

5. BAJA RINGAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline