Lihat ke Halaman Asli

Sumarni Ani

Mahasiswa

Praktik Pengalaman (PPL) Universitas Pamulang Melaksanakan PPL

Diperbarui: 14 Desember 2023   22:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa /i  Kelas x OTKP 1 SMK pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong . Dokpri

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Pamulang di SMK Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong.

MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG MELAKSANAKAN PPL

                                      DI SMK Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong.


Tangerang Selatan 2023 sebagai bentuk dari kepedulian pihak kampus universitas pamulang khususnya program studi pendidikan ekonomi.  Untuk menghasilkan lulusan yang mampu menjadi calon guru profesional, terdapat kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa program sarjana pendidikan ekonomi yaitu mengikuti  program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), yang merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan tugas skripsi masa perkuliahan.

     Tujuan kegiatan PPL adalah untuk mengembangkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, pribadi, dan sosial.

      Kegiatan PPL ini juga memberikan banyak pengalaman bagi mahasiswa  praktikan  yang benar-benar mengajar langsung di sekolah secara nyata, dan mahasiswa dapat lebih mengenal bagaimana  kenyataan  selama di lapangan.

     Di dalam pelaksanaan PPL ada beberapa rangkaian kegiatan yang harus di ikuti oleh seluruh mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yaitu mulai dari kegiatan pendaftaran, pembekalan PPL yang di laksanakan selama 4 hari pada hari Selasa - Rabu - kamis - sabtu 25-29 Juli 2023, dan kegiatan yang terakhirnya yaitu pelepasan mahasiswa PPL yang di hadiri langsung oleh Dekan FKIP Bapak Drs Ali Nurdin,M.Pd dan juga bapak Kaprodi Pendidikan Ekonomi Dr. Saiful Anwar,S.pd,.S.E,.m.Pd serta seluruh bapak ibu dosen program studi Pendidikan Ekonomi.

    Tempat PPL kelompok saya  berada di SMK Pariwisata Puspa Wisata PGRI Serpong yang terletak di daerah Cilenggang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Kegiatan penerjunan PPL saya di dampingi langsung oleh dosen pembimbing yaitu bapak R. Ai Lutfi Hidayat,. S.E,. M.E,  yang di laksanakan pada hari Rabu, 18 Januari 2023 yang dimana saya  di sambut dengan sangat ramah oleh pihak sekolah yang di hadiri langsung oleh bapak Hidayat Maulana S.Pd  selaku kepala sekolah dan ibu Komariah Kukum Manih Nuryasin S.kom sebagai guru pamong yang akan membersamai saya dalam pelaksanaan PPL selama 3 bulan kedepan yang di mulai pada tanggal 18 Agustus  - 21 November 2023.

Dosen Pembibing dan dewan guru smk pariwisata puspa Pgri Serpong. Dokpri

     Selama kegiatan pelaksanaan PPL saya belajar membuat kegiatan pembelajaran yang kooperatif, aktif, seru dan menyenangkan dengan berbagai metode dan media pembelajaran yang saya gunakan selama proses belajar mengajar (KBM) seperti metode pembelajaran Model Think, Pair, Share menargetkan pada perkembangan interaksi siswa,Model Pembelajaran Jigsaw. Metode Pembelajaran Project Based Learning. dan lain-lain. Selama pelaksanaan PPL berlangsung banyak sekali ilmu yang saya  dapatkan dari berbagai kegiatan salah satunya ketika kegiatan menjelang penilaian tengah semester (PTS) saya  belajar membuat soal-soal ujian untuk siswa-siswi yang saya ajar di SMK Puspa Pariwisata PGRI Serpong, dan saya juga   saling belajar dalam pembuatan SILABUS, RPP, PROTA dan PROSEM yang baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline