Lihat ke Halaman Asli

Sumarjiyati sumarjiyati

Seorang Guru PAI SD. Aktif di komunitas Aisei dan Lagerunal.

Pengimbasan Zoonosis Siswa kepada Warga Sekolah

Diperbarui: 15 September 2024   01:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Pengimbasan Zoonosis Siswa kepada Warga Sekolah

Zoonosis adalah penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia melalui brrbagai mekanisme seoerti kontak langdung, gigitan atau kondumsi makanan yang terkontaminaai. Materi ini di sampaikan oleh Bapak Efa Mardidatun, S.Pd.Sd dan ibu Tatik dwi Wahyuni, S.Pd selaku guru pengerak angkatan 9 yang berkesemoatan mengikuti Diklat di BPGPDIY beberapa waktu yang lalu.
Sebelum menyampaikan materi ini ke siswa beliau Bapak Efa dan Ibu Tatik melaksanakan pengimbasan ke kombel intra sekolah  dan di kombel lain di kapanewon Paliyan.


Selanjutnya materi mengenai penyadaran Zoonosis ini di integrasikan dalam pembelajaran P5. Hal ini di mulai dengan perancangan dan implementasi pembelajaran terintegradi penyadaraan zoonosis. Tujuannya adalah bahwa pendidik dapat menyudun rancngan pembelajaran yang terintegradi literadi/ numerasi kontek zoonodis dalam mata pelajaran yang di ampu. Pendidik juga dapat mengimplementasikan rancangan pembelajaran terinegradi literadi numerasi zoonosis yang dibsusun dalam pembelajaran di kelas.


Ibu Tatik Dwi Wahyuni telah merencanakan, mendesain dan melaksanakan pengintegrasian pada mapel  seni rupa.
Dalam kesempatan hari Jumat  siswa bisa melakukan pengimbasan kepada seluruh siswa lain dalam.kegiatan literasi sekolah.
Setelah kegiatan sensm pagi dan kegiatan literasi, beberapa siswa kelas Enam menjelaskan sedikit terkait dengan zoonosis, kemudian seluruh siswa  kelas 6 melakukan demontrasi yaitu ajakan untuk siap melawan zoonosis.


Semoga dengan banyaknya pemahanan terkait zoonosis maka lima penyakit yang di sebabksn oleh zoonosis bisa di cegah dan seluruh warga sekolah bisa menjaga diri untuk tidak terkena penyakit yang di sebabkan oleh zoonosis.
Ayo stop zoonosis, kita sehat lingkungan sehat nyaman untuk beraktivitas dan sukses selalu. Salam literasi.

Gunungkidul, 15 September 2024




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline