Dalam sebuah perushaan tentu nya menginginkan adanya perubahan yang baik didalam sebuah organisasi sehingga perusahaan akan terus memperhatikan kinerja karyawan dengan cara penilaian kinerja. namun entah mengapa setiap kali melakukan penilaian kinerja ini karyawan menjadi takut, karna adanya bekas luka pengalaman lama nya yang dimana karyawan tersebut ditempat kerja lamanya gagal memberikan kontribusi buat perushaaan.
lalu para atasan langsung memarahi karyawan tersebut dengan kata -kata yang kurang pantas dan memecat karyawan nya juga,seharusnya atasan yang seperti ini tidak boleh melakukan hal seperti itu kepada karyawan yang harus dilakukan dengan cara melatih dan melakukan motivasi secara 2 arah.
Untuk karyawan yang gagal dalam kinerja , tidak boleh langsung berputus asa dan harus segera bangkit atau cepat pulih dari kegagalan. karyawan juga tidak boleh takut dengan penilaian kinerja sehingga adanya tindakan untuk berusaha kabur atau menghindar dari penilaian kinerja .
karyawan harus berpikir positif terlebih dahulu mengenai penilaian kinerja karna penilaian kinerja yang di berikan itu akan selalu meberikan yang terbaik buat masa depan karyawan untuk perushaan dan tidak selamanya setiap atasan di perusahaan itu langsung memarahi justru atasan akan membantu ketika karyawan itu gagal dalam kinerja. adapun 6 cara yang bisa supaya karyawan dapat memberikan kinerja yang baik sebelum dilakukan penilaian kinerja.
Sebelum masuk mengenai cara-cara kinerja yang bisa memberikan hasil yang terbaik, kita harus mengetahui pengertian dari yang namanya kinerja itu sendiri? Menurut richard rudman dalam buku perfomance planning and review tentang kinerja adalah suatu perilaku yang terfokus pada titik satu pekerjaan yang mempunyai satu tujuan untuk tercapainya suatu pekerjaan dengan hasil yang spesifik dan pasti orang yang dipekerjakan untuk melakukan perkerjaan karena organisasi nya ingin mencapai hasil tujuan. Adapun juga dari kamus besar bahasa indonesia kinerja adalah sesuatu yang dicapai.
Setelah kita mengetahui pengertian nya, kita akan melihat 6 cara karyawan dapat memberikan kinerja yang baik sebelum di lakukan penilaian kinerja:
1. karyawan harus memiliki time management yang baik ketika dalam berkerja , memiliki time management yang baik itu harus menghindari waktu hal-hal yang tidak penting seperti ngobrol dengan teman dan bermain smartphone. hal ini membuat tidak fokus pada pekerjaan anda dan pekerjaan menjadi lupa untuk di kerjakan sehingga waktu menjadi habis
2. karyawan harus memiliki motivasi untuk dirinya yang membangun dalam visi misi bekerja. dengan memiliki visi yang jelas salah satunya dapat membuat diri kita akan selalu menjadi semangat dan menjadi terarah Karna adanya rasa ingin goals yang tercapai contoh : hari ini saya tidak akan bermain smartphone saya ketika lagi bekerja.
3. karyawan jangan ragu untuk bertanya ketika dalam pemberian tugas . jika menemukan hal yang sulit terkait pekerjaan anda jangan ragu untuk bertanya, diam bukan hal yang benar dalam memecahkan masalah cobalah bertanya kepada rekan kerja ataupun atasan dia tidak akan mungkin marah karna artinya sedang untuk belajar dan tentu nya pekerjaan tugas kita menjadi selesai
4. karyawan harus melakukan pelatihan . dengan melakukan pelatihan secara berulang maka tentunya akan terbiasa ketika dalam mengerjakan tugas karna secara tidak sadar hal pengetahuan dan pengalaman dalam mengerjakan tugas itu meningkat sehingga adanya waktu menjadi effisien yang sudah terbiasa
5. karyawan harus mengasah dalam menerima feedback yang masukan atau di kritik . dengan feed back sebagai masukan atau di kritik itu adalah sebuah motivasi yang harus menciptakan dalam keputusan yang baik dalam membangun diri kita agar menjadi lebih baik dalam kinerja. jangan langsung berputus asa ketika menerima kritik