Lihat ke Halaman Asli

Fenomena Citayam Fashion Week dalam Media Sosial TikTok

Diperbarui: 7 Juli 2022   01:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tangkapan Layar TikTok Times Indonesia

Tangkapan Layar Tribunnews

Belakangan ini warganet atau pengguna media sosial sedang diramaikan dengan fenomena Citayam Fashion Week yang dilakukan oleh beberapa anak muda yang mengaku berasal dari wilayah citayam Kabupaten Bogor. 

Anak- anak muda tersebut membuat beberapa konten menarik di aplikasi Tik-Tok membahas pakaian yang mereka pakai nongkrong dan menggunakan bahasa sehari-hari yang sedikit agak kurang dimengerti dan dipahami oleh warganet sehingga mengundang ketawa ketika menonton. 

Gaya berpakaian anak citayam dan bojong gede ini mengibaratkan mereka tampil bak model di dalam pementasan besar layaknya Fashion Week yang ada di Dunia. 

Pakaian dan riasan wajah yang mereka kenakan  banyak menarik perhatian para pejalan kaki yang melewati daerah Sudirman, karena anak-anak citayam dan bojong gede ini setiap harinya berkumpul dan nongkrong di sekitaran daerah Sudirman sehingga daerah tersebut menjadi sangat ramai di kala mereka nongkrong dan berkumpul, mereka bisa hadir berkelompok maupun individu. 

Seperti contoh gambar pertama, tertulis jelas dalam akun Tiktok @TimesIndonesia fenomena citayam fashion week di sudirman menjadi daya tarik sebuah informasi sehingga video tersebut mendapat love sebanyak 2636 komentar sebanyak 106 penonton. 

Fenomena CItayam Fashion Week ini terjadi setelah pemerintah melonggarkan protokol kesehatan Covid19 baik tingkat pusat maupun daerah. 

Setiap pemilik konten Tik-Tok pribadi juga saat ini ikut pula membuat konten terkait Fenomena Citayam Fashion week ini, karena para konten kreator ini melihat peluang keuntungan yang akan mereka terima ketika membuat konten terkai fenomena tersebut, seperti gambar dibawah ini. 

Akun Tik-Tok @Akbar mewawancarai pasangan muda-mudi yang berada di daerah sudirman ini yang mengaku mereka berasal dari daerah citayam, pertanyaan konten kreator sekitar masalah hubungan yang mereka jalani apakah berpacaran ataukah hanya teman biasa saja dari satu konten ini saja akun Tik-Tok @akbar berhasil mendapatkan love pemirsa sebanyak 28.4K dan komentar sebanyak 400 dari warganet Tik-Tok. 

Nilai ekonomi Politik Komunikasi yang dilakukan oleh Media Sosial Tik-Tok tersebut berdampak pula pada penjualan starling seperti foto diatas dari tribunjakarta.com pedagang starling tersebut meraup untung sebesar 700--800 ribu bersih perhari. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline