Lihat ke Halaman Asli

Sultan Hafizh Alfaridzi

Adab dahulu, dibanding ilmu.

Pengemukaan Teori Komunikasi Secara Luas Oleh Morissan

Diperbarui: 14 Desember 2020   12:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buku Teori Komunikasi (Individu Hingga Massa) - Morissan

Judul Resensi             : Pengemukaan Teori Komunikasi Secara Luas Oleh Morissan

Judul Buku                  : Teori Komunikasi - Individu Hingga Massa

Penulis                         : Morissan

Penerbit                       : PRENADAMEDIA GROUP                      

Tanggal Terbit          : April 2018    

Jumlah Halaman      : 594

Tentang Buku 

Pada buku yang ditulis oleh Morissan, terdapat beberapa hasil riset dan pemikirannya tentang teori-teori Komunikasi. Beberapa hasil riset dan pemikirannya tersebut menjelaskan mengenai komunikasi yang dilakukan oleh seorang individu berdasarkan sudut pandang yang dimilikinya sebagai seorang komunikator. Morissan juga menjelaskan pemahaman-pemahamannya tentang sifat individu yang dijabarkan menjadi dua teori, yaitu tentang Teori Sifat dan Teori Kognitif.

Morissan sendiri menulis/menyusun buku ini hingga menjadi sebelas bab, dimana pada setiap bab bab tertentu memiliki pembahasan dan materi yang berbeda. Dari adanya sebelas bab tersebut, terdapat bab yang mudah untuk dimengerti, dan terdapat pula bab yang sukar atau cukup sulit untuk dimengerti, sehingga mengharuskan kita membacanya beberapa kali agar kita dapat memahami isi pada bab tersebut.

Sinopsis

Pada bab kesembilan, Morissan menyampaikan informasi mengenai sejarah “APA ITU MEDIA?” dengan mengutip pendapat McLuhan bahwa teknologi berpengaruh sangat besar dalam suatu masyarakat atau dengan kata lain berpengaruh dalam kehidupan manusia. McLuhan juga menyampaikan bahwa pesan yang disampaikan melalui media tidak lebih penting daripada adanya media atau saluran komunikasi yang digunakan pesan untuk sampai kepada komunikan atau penerimanya.

Pada bab mengenai Efek Media, yang merupakan lanjutan dari bab sebelumnya menyajikan paradigma dan fakta-fakta tetap yang telah diketahui. Teori yang paling populer dalam studi komunikasi massa ialah tentang Teori Penggunaan dan Kepuasan. Teori ini menjadi populer karena pada teori tersebut menyampaikan gagasan mengenai perbedaan individu sehingga menyebabkan audien-audien yang ada tersebut mencari, mengunakan, serta memberikan tanggapan pada isi dari suatu media.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline