Lihat ke Halaman Asli

Menjaga Hati Demi Indonesia

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1395644211154140191

Esensi kepemimpinan adalah cinta. Seorang pemimpin bisa dinilai lewat besarnya rasa cinta yang diwujudkan melalui komitmen yang dikerjakannya.

Di_Comm, salah satu akun twitter relawan Dahlan Iskan merilis kultwit perihal hubungan cinta dan kepemimpinan. Di awal kultwittnya DI_Comm menganalogikan sebuah kesetiaan melalui kisah cinta suatu pasangan yang penuh liku-liku hingga usia senja .

Mimin jadi bertanya, bagaimana mereka bisa menjaga cinta hingga usia senja? Padahal mimin yakin kehidupan cinta mereka tak selalu indah.Pasti mereka pernah berbeda pandangan, salah paham, bahkan bertengkar. Lalu, bagaimana mereka bisa bertahan? Ternyata cinta itu ketulusan untuk memberi, dan komitmen untuk terus tulus memberi.Mungkin ini juga yang mendasari ungkapan Rob Liano: "Di atas segalanya, cinta adalah tentang komitmen terhadap pilihan kita", begitu bunyi kultwittnya.

Kuiltwitt tersebut juga menyampaikan jika cinta hakekatnya tak sebatas ucapan lisan yang diwujudkan melalui kata-kata indah. “Commitmen is an act, not a word”, ungkap akun tersebut. “kata-kata cinta bisa semanis madu atau gula, tapi mewujudkannya butuh komitmen”,lanjutnya.

Pemimpin  yang baik adalah seorang yang memiliki komitmen, maka dengan itu Indonesia akan berhasil. “Seperti dikatakan penulis AS, Tonny Robins;  There’s no abiding success without commitment”, jelas akun DI_Comm.

Hal tersebut pada dasarnya sesuai dengan prinsip-prinsip kepemimpinan yang sedang dibutuhkan dalam masa transisi sekarang ini. Namun, banyak calon pemimpin yang dengan mudah mengumbar janji setia kepada bangsa Indonesia

Untuk itu, komitmen mengabdi kepada negeri harus diuji.  Janji cinta harus dibuktikan dengan tindakan cinta, maka kesetiaan harus dibuktikan dengan menampik godaan. Citra merakyat tidak berati cinta kepada rakyat. Kekuasaan mudah membutakan. Demi kekuasaan,janji  mengabdi dilupakan. Tujuan bukan lagi kepada bangsa, melainkan hanya untuk berkuasa.

Saatnya bagi mereka yang tetap tulus dan setia kepada bangsa untuk  kita titipkan kuasa. Saatnya menjaga hati Demi Indonesia.  []

[caption id="attachment_328180" align="alignleft" width="235" caption="Menjaga Hati Demi Indonesia"][/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline