Judul Buku : Teach Like Finland
Pengarang : Timothy D. Walker
Halaman : 232
Penerbit : Grasindo
Kenapa harus Teach Like Finland?
Semua berubah pada suatu malam di bulan Desember 2001. Ketika OEDC (Organization for Economic Cooperation and Development/ Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi) memublikasikan hasil studi internasional pertamanya, tentang kemampuan anak-anak berusia 15 tahun yang berhubungan dengan keterampilan membaca dan ilmiah yang telah mereka peroleh di dalam dan luar sekolah, yang dikenal dengan PISA (Programme for International Student Assesment/ Program Penilaian Siswa Internasional). Semua mata tertuju pada negara Nordic (Skandinavia, Finlandia, Islandia, dan kepulauan Faroe kecil).
Di luar perkiraan , Finlandia dengan populasi hampir 5,5 juta orang, telah mencatatkan dirinya melampaui semua 31 negara OECD lain dalam tes yang dirancang untuk menunjukkan seberapa baik orang muda akan berhasil memahami pengetahuan ekonomi yang dinamis Ketika mereka beranjak dewasa.
Lebih lanjut lagi, tampak bahwa di Finlandia, pencapaian siswa di antara sekolah-sekolah yang berbeda kurang bervariasi,dan bahwa pembelajaran anak-anak di sekolah tidak terlalu dipengaruhi latar belakang keluarga dibandingkan negara lainnya.
Di atas semua itu, orang Finlandia sepertinya dapat mencapai hasil yang mengagumkan ini hanya dengan belajar di sekolah yang masuk kategori sederhana. Tak heran dunia Pendidikan dibuat bingung.
Kebingungan itu tampaknya bisa dijawab lewat buku Teach Like Finland karangan Timothy D. Walker. Penulis yang awalnya menghadapi stess berat ketika mengajar sekolah dasar di Amerika ini akhirnya bisa bernapas lega saat menyetujui saran istrinya untuk mengambil cuti ke Finlandia. Atas saran istrinya yang juga orang Finlandia ini, ia akhirnya melamar menjadi guru sekolah dasar di Finlandia. Sejak saat itulah paradigmanya tentang belajar dan mengajar berubah.
Berdasarkan pengalaman dan penelitian penulis, ada beberapa garis besar yang membuat Finlandia mencapai indeks PISA tertinggi :
- KESEJAHTERAAN