Bagaimana mengukur kesuksesan SEO? Bagi Anda yang sedang mencari informasi lebih lanjut tentang SEO, baik yang sedang belajar maupun yang sedang mencari penyedia jasa SEO yang tepat, Anda datang ke tempat yang tepat!
Cara Mengukur Kesuksesan SEO dengan Metode dan KPI yang Digunakan
1. Meningkatkan traffic situs web
2. Pertumbuhan pelanggan dan penjualan
3. Peringkat mesin pencari
4. Jumlah pengikut di jejaring sosial
5. Otoritas situs web dan tautan balik
6. Rasio pentalan (tingkat pentalan)
7. CTR (click through rate)
Banyak variabel yang berperan dalam menentukan kesuksesan SEO, itulah mengapa penting untuk menetapkan KPI dan metode yang ditetapkan sebelum meluncurkan kampanye SEO.
KPI (Key Performance Indicators) dan metode inilah yang membantu kita sebagai penyedia layanan SEO untuk mengetahui apakah metode yang kita gunakan berfungsi dengan baik atau tidak.
KPI SEO juga memberi informasi kepada klien kami dan membantu mereka menetapkan ekspektasi mereka. KPI seperti peringkat situs web, lalu lintas, otoritas domain (DA), dan kata kunci peringkat tinggi terkadang menjadi faktor terpenting dalam dunia SEO.
Peran SEO dalam Mencapai Tujuan Bisnis
Selain KPI tersebut, kita sebagai digital marketing agency juga berupaya memberikan hasil seperti, meningkatkan penjualan dan prospek, kehadiran online, dan kesadaran merek. Faktanya, inilah hasil akhir yang diharapkan setiap pelanggan dari kampanye SEO mereka.
Dengan memandang SEO sebagai investasi jangka panjang bagi pelanggan; yang di masa depan akan membuahkan hasil. Berbeda dengan penyedia layanan SEO lainnya yang seringkali hanya menjanjikan trafik dan kata kunci tinggi di halaman pertama, kami juga berupaya mencapai tujuan akhir kampanye SEO yang diharapkan pelanggan kami.
Menyesuaikan Tujuan Bisnis dengan Strategi SEO
Ketika klien datang kepada kami meminta peningkatan kata kunci, kami selalu bertanya kepada mereka; "Mengapa Anda memilih keyword ini?" dan "apakah kata kunci tersebut sesuai dengan tujuan yang telah Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri?"
Setelah kami memahami tujuan mereka yang sebenarnya, saat itulah kami dapat memberikan saran kata kunci yang akan menambah nilai bisnis mereka.
Jumlah kata kunci yang berperingkat baik itu penting, namun peningkatan penjualan yang dicapai melalui kampanye SEO dan ROI yang dicapai sama pentingnya dalam mengukur keberhasilan SEO. Singkatnya, KPI SEO adalah benang merah antara tujuan bisnis klien kami dan kampanye SEO yang kami jalankan.