Lihat ke Halaman Asli

Sistem Ekonomi Islam sebagai Solusi

Diperbarui: 25 Mei 2018   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Ekonomi Islam adalah ilmu yang mempelajari, membahas segala aktivitas manusia dalam mengelolah dan mengalokasikan sumber daya manusia, alam, dan modal  sesuai dengan Alquran dan hadis untuk mencapai falah. Sedangkan Sistem Ekonomi Islam adalah sebuah sistem ekonomi yang dibangun di atas nilai-nilai Ilahiyyah menjadi inti dari sistem ini.

Banyak yang beranggapan bahwa Ekonomi Islam hadir untuk menyaingi ekonomi konvensional yang belum mampu memperlihatkan keberhasilan memperbaiki tingkat perekonomian. Namun sejatinya tidaklah demikian, Ekonomi Islam adalah solusi perekonomian, sistem yang ditawarkan kepada masyarakat untuk memperbaiki kondisi perekonomian. Bukan hanya muslim saja, tapi bisa diberlakukan untuk muslim maupun non muslim.

Suatu sistem ekonomi memiliki prinsip yang berbeda. yang menjadi keunggulan dari Sistem Ekonomi Islam, yaitu : Kebebasan individu, hak terhadap harta, ketidaksamaan ekonomi dalam batas yang wajar, kesamaan sosial, jaminan sosial, distribusi kekayaan secara meluas, larangan menumpuk kekayaan, kesejahteraan individu dan masyarakat. 

Melihat dari prinsipnya, sistem ekonomi Islam memiliki perbedaan dengan sistem ekonomi kapitalis dan sosialis. Ekonomi Islam bukanlah pertengahan di antara ekonomi kapitalisme dan ekonomi sosialisme. Ekonomi Islam memiliki karakteristik tersendiri. Walaupun dalam beberapa hal terdapat beberapa kesamaan tertentu dalam mekanismenya dengan ekonomi konvensional.

Keunggulan Sistem Ekonomi Islam adalah berkarakter kemanusiaan dan tidak bertolak belakang dengan ketuhanan dan juga bersifat pertengahan (keseimbangan) merupakan jiwa dari Ekonomi Islam. Keunggulan dari Sistem Ekonomi Islam tesebut mampu memberikan dampak terhadap perekonomian suatu Negara karena lebih mengedepankan kesejahteraan sosial dan distribusi kekayaan.

Keberhasilan Sistem Ekonomi Islam yang dijadikan sebagai solusi perekonomian telah dibuktikan dengan adanya berbagai Negara yang  menggunakan sistem ekonomi tersebut untuk memperbaiki perekonomiannya. Sehingga tidaklah heran jika dikatakan bahwa Sistem Ekonomi Islam sebagai solusi perekonomian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline