Lihat ke Halaman Asli

Sulastri

Mahasiswa

Cara Meningkatkan Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah

Diperbarui: 26 April 2024   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bimbingan konseling pada anak usia dini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Bimbingan konseling bisa membantu guru dan orang tua untuk mengetahui perkembangan anak yang berupa fisik motorik, kognitif, sosial emosional dan yang lainnya. Dengan adanya bimbingan konseling kita sebagai guru dan orang tua bisa mewaspadai apa yang kurang dari perkembangan anak kita. 

Untuk sekarang ini bimbingan konseling di lingkungan anak usia dini bisa di lakukan dengan mengajak anak bernyanyi, menari dan mengajak mereka gerak dan lagu. Selain itu bimbingan konseling ini juga bisa membantu kita meningkatkan kreativitas anak kita dengan cara kita selalu menstimulasi anak kita. 

Akan tetapi untuk sekarang ini tidak semua guru paud paham bimbingan konseling yang di maksud dalam lingkup anak usia dini walaupun sebenarnya mereka sudah biasa melakukan akan tetapi asing jika di dengar di kalangan anak usia dini untuk istilah Bimbingan konseling. Karena, bimbingan konseling ini biasanya istilah kata yang di gunakan dalam sekolah menengah. 

Akan tetapi kita sebagai sebuah lembaga harus tetap meningkatkan bimbingan konseling di lingkungan sekolah bisa di lakukan dengan berbagai cara di antaranya adalah : 

1. Melatih para guru dan konselor tentang teknik-teknik konseling yang sesuai untuk anak usia dini.

2. Membuat program-program konseling yang menarik dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini.

3. Melibatkan orang tua dalam proses konseling untuk menciptakan sinergi antara lingkungan sekolah dan rumah.

4. Menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di sekolah, sehingga anak-anak merasa nyaman untuk berbicara tentang masalah mereka.

5. Menyediakan sumber daya dan materi-materi pendukung yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini.

6. Memonitor perkembangan dan hasil dari program konseling secara berkala untuk mengevaluasi efektivitasnya.

Dosen pengampu: Gandhes Sembodro Budi,M.pd.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline