Lihat ke Halaman Asli

Sularto Aras Hamka

Wakil Kepala Sekretariat Perusahaan Permodalan Nasional Madani (PNM)

Pemberdayaan Model PNM untuk Peningkatan Kesejahteraan Nasabah

Diperbarui: 7 Maret 2024   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pola Pendampingan Nasabah PNM Mekaar (Sumber Foto : PNM) 

Permodalan Nasional Madani (PNM) merupakan entitas bisnis di bawah holding ultra mikro bersama BRI dan Pegadaian. Seperti kita tahu, sejak september 2021 ada 3 perusahaan BUMN yang digabung dalam sinergi holding ultra mikro. Holding ini menempatkan BRI sebagai pemimpin holding.

Ekosistem BRI Grup atau holding ultra mikro saat ini merupakan yang terbesar di dunia. Dengan jumlah 37 juta nasabah yang terdiri dari 15 juta nasabah BRI, 15 juta nasabah PNM dan 7 juta nasabah pegadaian.

PNM menyasar pada segmen terendah pada skala bisnis ultra mikro dan menyasar kaum perempuan Indonesia pada kelompok keluarga pra sejahtera. PNM memiliki 2 produk yaitu Mekaar (Membina Keluarga Sejahtera) dan ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro).

Pada produk Mekaar, PNM membina keluarga pra sejahtera melalui kaum perempuan Indonesia. Pembiayaan diberikan kepada ibu-ibu secara berkelompok dengan jumlah Rp 2 juta sampai dengan Rp 15 juta yang akan ditingkatkan menjadi Rp 20 juta.

Pembiayaan pada ibu-ibu diberikan dengan memberikan pendampingan melalui pembentukan kelompok. Kelompok-kelompok yang telah dibentuk dibina dengan memberikan pendampingan mingguan bersama dengan masuknya angsuran pembiayaan.

Baca juga : 

Transformasi PNM Menjadi Lembaga Pemberdayaan Terbesar Di Dunia

Dalam kegiatan kelompok ini PNM mengangkat Account Officer (AO) untuk mendampingi kelompok dalam memotivasi nasabah meningkatkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan kerja keras.

Setiap perempuan Indonesia bisa menjadi nasabah PNM asalkan memiliki usaha atau berkeinginan untuk memiliki usaha. PNM tidak mengharuskan calon nasabah telah memiliki usaha bahkan tidak seperti lembaga keuangan lain yang mengharuskan telah memiliki usaha 2 tahun, PNM bisa memberikan pembiayaan kepada calon nasabah yang baru mendirikan usaha.

Baca juga : 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline