Lihat ke Halaman Asli

Ibu Sebagai Guru Favoritku

Diperbarui: 14 Agustus 2017   13:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar : Pondok Pesantren Al Islah

Renungan panjang yang harus ditelaah ulang oleh kita semua, betapa pentingnya peran ibu dalam rumah tangga. Iya nama yang singkat yaitu I-B-U. Penulis menyajikan ini karena semua yang ada saat ini adalah karena ibu.

Pengorbanan yang luar biasa itu menjadikannya sebagai pahlawan perempuan yang tiada duanya. Kalau kita kaji ulang dengan Firman Allah dalam surat Luqman ayat 14 yang artinya"

"Dan kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun . Bersukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tua mu. Hanya kepada Aku kembali mu" (Q.S; Luqman; 14).

Dari ayat ini, maka dapat kita  ibroh (pelajaran) secara jelas bahwa yang amat sangat berjasa dalam hidup kita adalah ibu. Penulis tidak menafikkan peran bapak secara langsung, meski dikatakan di dalam ayat ini adalah orang tua mu. Namun disisi lain juga kita harus tahu bahwa ayat ini secara khusus menyebut namanya dengan sebutan "ummu"menggunakan kata alif (hamzah) pada awal katanya. Melainkan artinya adalah ibu.

Begitu besar jasanya sehingga namanya pun di khususkan secara langsung oleh Allah, mulai dari mengandung hingga melahirkan sosok bayi mungil, yang kemudian merawatnya dengan asupan kasih sayang, menjaganya bagaikan itan permata yang tak ingin melihatnya luka sedikit pun. Semua itu adalah jasanya.

Memang peran ibu sangatlah penting dalam keluarga, bila ibunya baik maka anaknya pun akan menjadi baik, begitu sebaliknya. Begitu banyak pengorbanan yang ia berikan demi hanya sosok bayi yang ia rindukan di bumi ini.

Begitu pentingnya seorang ibu dalam rumah tangga, hingga mampu menjadikan rumah yang damai, sopan penuh dengan kenyamanan. Salah satu alasan yang membuat penulis mengatakan Ibu sebagai guru favorit-ku yaitu, ibu merupakan sosok manusia mulia sehingga tak kenal lelah untuk menjalankan tugasnya, mulai dari merawat sampai kepadanya menjaga dan mengajarkan bahasa sopan santun atau etika bermoral yang baik kepada lingkungan lainnya.

Penulis akan menggambarkan betapa ia menjadi seorang guru bagi anak-anaknya. Setiap kali kita tidak sadar akan apa yang telah di ajarkan kepada kita, mulai dari cara makan minum, mandi, berbahasa yang sopan kepada orang lain. Dan berbudi baik kepada siapa saja. Bukan itu adalah pelajaran berharga bagi seorang anak.

Bila semua itu kita pikirkan lagi maka tidak ada satu orang pun yang akan mengatakan guru sekolah mereka yang lebih favorit, melain ibu mereka yang akan lebih favorit lagi.

Pelajaran-pelajaran berharga yang diajarkan ibu merupakan hal yang patut di sukuri karena beliau kita mengenal apa yang ada dalam diri kita, terutama siapa yang mencipta diri ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline