Lihat ke Halaman Asli

Pesantren Ramadhan: IPM Leuwisari Ciptakan Generasi Berakhlak Mulia

Diperbarui: 23 Juni 2016   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TASIKMALAYA. Pesantren Ramadhan merupakan salah satu aktivitas untuk memantapkan pengetahuan dan pemahaman agama. Kegiatan ini dilakukan untuk memanfaatkan ramadhan sebagai bulan menambah dan memantapkan pengetahuan umat Islam.

Hal ini disampaikan Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Leuwisari, Nuraini, pada pembukaan Pesantren Ramadhan yang bertempat di kompleks kampus Pendidikan Muhammadiyah Cabang Leuwisari, Rabu (22/6).

"Ekspresi semangat beribadah di bulan yang penuh berkah ini, salah satunya dengan meningkatkan kualitas ibadah sehingga menjadi pembelajaran penting untuk bekal masa depan kaum muda." katanya.

Sementara itu, menurut Ade Karom selaku Ketua Muhammdiyah Leuwisari, Pesantren Ramadhan ini diharapkan mampu mewujudkan nilai-nilai agama Islam pada diri para pelajar dan remaja sehingga terbentuknya manusia yang bermoral, memahami Islam dan mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi masa yang akan datang.

"Kegiatan positif ini, diharapkan mampu mentranfer pemahaman Islam yang rahmatan lil alamin pada anak-anak, sehingga mereka menjadi generasi berakhlak mulia."

Pada kesempatan itu juga, Ade, mengatakan bahwa fasilitator Pesantren Ramadhan ini tidak hanya berasal dari guru sekolah, tapi juga dari pengajar pondok pesantren Muhammadiyah serta alumni IPM.  

"Para pengajarnya berasal dari guru sekolah dan pengajar pondo pesantren Muhammadiyah. Adapun peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 300 orang dari mulai TK hingga SMA yang terdiri dari anak-anak anggota Muhammadiyah dan luar muhammadiyah." terangnya.

Dalam kegiatan Pesantren Ramadhan tahun ini, menurut Panitia, akan diisi dengan kegiatan positif, sehingga santri atau para peserta mampu memanfaatkan waktu untuk menyemarakkan Ramadhan secara Islami.

"Selama Pesantren Ramadhan, diadakan juga berbagai perlombaan yakni lomba mewarnai untuk tingkat TK, Cerdas cermat, Pidato, Puisi, Nasyid, Tahfidz Quran, OVP dan Pawai Taaruf." pungkas Panitia.

Kontributor:Neni Nur Hayati




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline