Lihat ke Halaman Asli

Tembus Pandang Kembali

Diperbarui: 24 Juni 2015   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Bagi para pengguna sepeda motor, terutama sepeda motor yang sudah berusia lebih dari 10 tahun, pasti mengalamifiberglass pada speedometer yang mulai suram dan retak-retak karena sering terkena panas sinar matahari langsung.Bagaimana mengatasinya agar fiberglass speedometer tersebut tidak buram lagi?

Jawaban bercanda pasti “dilem biru”-dilempar lalu beli baru. Penggantian dengan yang baru memang bisa dilakukan apabila speedometer tersebut masih diproduksi dan masih tersedia di toko suku cadang sepeda motor. Lalu bagaimana kalau speedometer tersebut sudah tidak ada yang menjualnya lagi? Nah, saya mendapatkan cara mengatasi masalah tersebut secara tidak sengaja beberapa bulan yang lalu. Saat itu saya sedang menambahkan oli rem pada tempat olie rem cakram sepeda motor tua saya dan secara tidak sengaja fiberglass speedometer- nya terkena tetesan oli rem, kemudian aneh bin sulapan, ketikasaya usap dengan lap tetesan oli tersebut speedometer saya berubah agak beningsetelah sebelumnya buram tergerus panas dan usia.

Pengalaman tidak sengaja tersebut lalu saya bagikan kepada temin-teman yang memilikispeedometer tidak tembus pandang lagi dan hasilnya sungguh memuaskan, speedometer motor mereka tembus pandang kembali setelah di- polish dengan sedikit oli rem. Namun, perlu diperhatikan, dalam mengoleskan oli rem harus hati-hati, karena olie rem kalau mengenaikulit dapat menimbulkan sedikit iritasi. Pengalaman beberapa teman cara initernyata juga dapat diterapkan pada fiberglass speedometer mobil maupun fiberglass lampu kendaraan bermotor lainnya.

Ini sekedar berbagi pengalaman kecil semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin mencobanya.

Salam kreatif kompasianer.

Solo, Senin, 8 April 2013




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline