Lihat ke Halaman Asli

Sukma Pratiwi Hilumalo

Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo

Keindahan Danau Perintis di Kabupaten Bonebolango, Provinsi Gorontalo

Diperbarui: 14 Maret 2024   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Sukma Pratiwi Hilumalo

Nim: 131423065

Jurusan: Manajemen Pendidikan (Universitas Negeri Gorontalo)

Matakuliah: Penulisan Karya Ilmiah

Dosen Pengampuh: Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd

(Essai Deskriptif)

Nama: Sukma Pratiwi Hilumalo
Nim: 131423065
ADA YANG INDAH TAPI BUKAN CINTA
(Essai Deskiriptif)
Indonesia merupakan negara yang memiliki ragam khas kekayaannya sendiri. Terdapat banyak tempat wisata yang menjadi salah satu ikon menarik di berbagai wilayahnya. Tidak hanya di kota-kota besar yang terkenal saja, kini di beberapa provinsi juga sudah banyak memperkenalkan hasil kekayaannya untuk dijadikan sebagai destinasi wisata bagi para pengunjung lokal maupun asing, berbagai tempat lokasi yang sudah banyak di gunakan sebagai tempat wisata yang unik dan menarik. Di provinsi gorontalo, tak hanya dikenal sebagai lumbung jagung nasional. Provinsi yang terbentuk pada 22 Desember 2000 melalui Undang-Undang nomor 38 tahun 2000 bahwa Gorontalo memiliki aset keanekaragaman hayati yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah "Danau Perintis". Danau Perintis juga punya cerita sejarah yang panjang dan lekat hubungannya dengan masyarakat Kabupaten Bone Bolango. Menurut catatan Pemda Bonebol, danau Perintis sudah ada sejak zaman purbakala, nama 'Perintis' merupakan singkatan dari "Perbaikan Ekonomi Rakyat Indonesia Timur". Danau Perintis adalah satu-satunya danau yang terletak di bagian timur Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, tepatnya di Kecamatan Suwawa. Sebagai Kawasan Strategis Kabupaten yang memiliki nilai strategis dari sudut kepentingan fungsi dan daya dukung lingkungan Danau perintis ialah wilayah yang penataan ruangnya harus diprioritaskan, karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup kabupaten terhadap ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan.
Danau merupakan sebuah tempat di kerak Bumi sehingga merupakan salah satu bentuk permukaan Bumi. Meski danau adalah berupa perairan, namun karena letaknya ada di daratan maka danau merupakan bagian dari daratan. keberadaan danau bukan tanpa alasan. Danau perintis merupakan danau yang terbentuk secara sengaja atau biasa juga disebut danau buatan. Konsep fungsi Kawasan Wisata Danau Perintis yaitu berfungsi meningkatkan perkembangan kawasan wisata lainnya terutama kawasan Taman Nasional Bogani Wartabone yang menjadi kawasan wisata hutan lindung di Kabupaten Bone Bolango.

Provinsi Gorontalo kini memiliki wahana baru yang terletak di danau perintis yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu kapal tembaga. Kapal jenis Galleon yang memiliki panjang delapan meter tersebut diberikan oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel untuk menambah daya tarik, jumlah pengunjung dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di wilayah itu. Melalui rilis yang diterima di Gorontalo, Rabu, kapal tembaga itu dibuat di Yogyakarta dan menelan biaya tiga miliar, belum termasuk biaya pengiriman dan biaya konstruksi serta dermaganya. Rachmat yang merupakan putra Gorontalo itu mengatakan, kapal tembaga dijadikan sebagai fasilitas publik di kawasan milik pemerintah daerah setempat. Ia mengatakan, Danau Perintis didesain untuk menjadi tempat wisata keluarga, karena nyaman untuk berwisata, lokasi yang sejuk, hijau dan segar. Pembenahan Danau Perintis terinspirasi dari situasi danau di Swiss, keindahan Selat Bosporus, kapal VOC di Amsterdam, dan permainan lampu di Uzbekistan. Adapun desain kapal tersebut terinspirasi dari film kartun tentang bajak laut dan jenis kapal ini mirip dengan jenis kapal yang digunakan pada abad ke-16 dan abad ke-17, yaitu jenis kapal Galleon. Dia berharap bisa terus menata kawasan tersebut dengan beragam wahana dan lanskap yang utuh serta menghidupkan UMKM di Gorontalo.
Kesimpulannya Pada dasarnya destinasi wisata memiliki dampak ekonomi langsung yang langsung diterima pada suatu destinasi wisata tersebut yang bersumber dari pengeluaran wisatawan pada saat melakukan aktivitas wisata. Dengan adanya tempat wisata "danau perintis" yang telah dikembangkan secara bertahap, yang dapat memberikan warna baru bagi para pengunjung yang ingin menikmati indahnya danau tersebut, dan dapat menarik minat pengunjung sehingga dapat menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika mampir di gorontalo.


DAFTAR REFERENSI
mohamad zulfikran ibrahim, m. r. (2020). PENATAAN KAWASAN DANAU PERINTIS KABUPATEN BONEBOLANGO. ejurnal.ung.ac.id, 1-2.
Solihin, A. (2024, januari 24). Wisata Danau Perintis memiliki wahana baru kapal tembaga. Retrieved from antaranews.com: https://www.antaranews.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline