Lihat ke Halaman Asli

Sukmawati

Bukan siapa-siapa

Memasak adalah Cinta Yang Terlihat

Diperbarui: 15 September 2024   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri - Ibu Gardina Menyiapkan Masakan

Memasak sering kali dipandang sebagai kewajiban terutama bagi seorang ibu yang berperan dalam menjaga dan mengurus keluarganya. 

Namun bagi banyak ibu, memasak lebih dari sekedar tugas harian, itu bisa menjadi kegiatan yang penuh kesenangan, kreativitas dan rasa pencapaian.

Bahkan seiring waktu memasak dapat berkembang menjadi hobi yang memberikan kepuasan tersendiri bukan hanya soal menyiapkan makanan untuk keluarga tetapi juga tentang mengekspresikan cinta melalui setiap hidangan yang dibuat, bereksperimen dengan berbagai resep dan menemukan kebahagiaan dalam prosesnya.

Seperti yang dilakukan ibu 4 anak ini, Ibu Gardina. Meskipun 2 anaknya sudah berkeluarga dan tak lagi tinggal bersama karena sudah memiliki rumah masing-masing, layaknya sudah berumah tangga, namun beliau kerap menyajikan masakan kesukaan anak-anak, termasuk kesukaan cucu-cucunya lalu mengirimkan makanan tersebut ke rumah anak-anaknya. 

Sebenarnya anak-anaknya kerap melarang, dengan alasan tidak ingin ibu mereka capek. Tetapi itu diindahkan, karena sudah menjadi hobi dan ada kepuasan tersendiri, termasuk sebagai wujud cinta seorang ibu, dimana bagi seorang ibu meskipun anak-anaknya sudah beranjak dewasa, tetapi baginya tetaplah anak-anak yang menggemaskan.

Begitu pula kedua anaknya yang belum menikah, kerap membawa masakan ibunya ke kantor untuk santapan makan siang, dan tak jarang teman satu kantor anaknya mencicipi, dirasa enak hingga berniat memesan, Ibu Gardina merespon dengan baik, namun lagi-lagi anaknya melarang, tidak ingin melihat ibu mereka capek dengan usia yang tak lagi muda.

Ini merupakan bentuk kecintaan anak-anaknya terhadap ibu mereka yang selama ini dirasa sudah berjuang seorang diri sehingga mampu menghantarkan anak-anaknya ke jenjang kesuksesan.

Nah, gimana dengan kalian? Memasak ini memang seru dan dapat membantu menjaga kesehatan karena melibatkan gerakan fisik, seperti berjalan, mengangkat, mengaduk, dan memotong bahan makanan. Termasuk berada di dekat sumber panas, seperti api, karena ini juga bisa meningkatkan sirkulasi.

Namun, perlu juga berhati-hati saat berada di dekat panas agar tidak mengalami cedera atau sesuatu yang tidak diharapkan.

Memasak sendiri juga memungkinkan kontrol penuh terhadap bahan yang digunakan, sehingga bisa lebih sehat dengan memilih makanan yang segar dan rendah lemak.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline