Lihat ke Halaman Asli

Maskatno Giri

🌄©Mas Guru B.INGGRIS SMA,The Alumnus of English P PS UNS SURAKARTA

Menjadi Guru Kuat (Being Strong Teachers)

Diperbarui: 23 Juli 2024   20:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc pribadi Maskatno Giri 

Saya mendapat motivasi dari guru senior beberapa hari yang lalu ( Few days ago I received motivation  from a senior teacher) Jangan menjadi  guru  atau pendidik yang lemah! (Don't be a weak teacher or educator!).  Kita harus menjadi pendidik yang tangguh (We must be strong educators) . Para siswa kita  juga harus dididik menjadi manusia tangguh ( Our students must also be educated to be strong human beings). Guru lemah tidak memiliki komitmen yang kuat terhadap profesinya, dia  tidak mampu menginspirasi para siswanya (The weak teacher does  not have a strong commitment to his  profession, he /she is  unable to inspire his students). Guru lemah tidak mampu  menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap siswa dan pembelajaran (The weak teacher is  unable to show high dedication to students and learning).  

Seorang guru lemah  adalah  guru yang malas memperbaiki diri, maka tidak memiliki keterampilan pengajaran yang efektif dan  tidak memperbarui pengetahuannya  atau tidak memiliki kemampuan untuk mengajar dengan cara yang menarik dan efektif  (A weak teacher is a teacher who is lazy to improve himself, then does not have effective teaching skills and does not update  his  knowledge or does not have the ability to teach in an interesting and effective way ).  Seorang guru lemah memiliki masalah dalam berkomunikasi dengan siswa, orang tua, guru lain, staf, atau administrator ( A weak teacher has problems communicating with students, parents, other teachers, staff, or administrators). Maka guru lemah  tidak mampu menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan (So a weak teacher is unable to establish good relationships with all parties involved in the educational process).

Di era digital para siswa  tidak saja dididik  mengenal literasi digital, namun mereka seharusnya menjadi generasi tangguh atau handal (In digita era, the  students are not only educated about digital literacy, but they should become a tough or reliable generation ).  Maka dibutuhkan seorang guru yang kuat, tidak hanya kuat fisiknya namun dia harus menjadi seorang guru kuat pengetahuan, keterampilan dan jiwanya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri guru kuat yang dapat ditemukan dalam sumber-sumber yang relevan  ( So a strong teacher is needed, not only physically strong but he must be a strong teacher in knowledge, skills and soul. Here are 9 characteristics of a strong teacher that can be found in relevant sources):

  • Guru kuat adalah sosok yang memiliki spiritual  dan emosional   yang  baik (A strong teacher is a person who has good spiritual and emotional abilities): Guru  yang berkualitas dapat memberikan inspirasi  batin dan energi spiritual kepada para siswanya (The qualied teacher can provide inner inspiration and spiritual energy to his students). Dia juga dapat menjadi contoh yang baik dan membantu murid-murid dalam perjalanan spiritual mereka (He/she can also be a  good example and help students on his spiritual journey). Juga dia menunjukkan perhatian atau empati  pada siswa (Also he/she  shows concern or empathy for  the students ). He juga  bisa menjadi pendengar yang  baik (He can also be good listeners ).
  • Seorang guru kuat memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya ( A strong teacher has a high commitment to carrying out his duties ). Dia memiliki kemauan yang kuat untuk bekerja keras dan bertanggung jawab terhadap siswa dan pekerjaannya  (He/she has  a strong will to work hard and be responsible for students and his work )
  • Guru kuat adalah yang  guru kuat mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat dengan siswa (A strong teacher is one who develops strong and respectful relationships with students ). Dia  membangun hubungan yang dapat dipercaya dan saling menghormati (He/she  builds relationships of trust and mutual respect )
  • Seorang guru kuat memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik ( A strong teacher has good classroom management skills). Dia  mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan mengelola kelas dengan efektif (He/ she is able to create a conducive learning environment and manage the class effectively )
  • Seorang guru kuat adalah guru yang inspiratif dan efektif (A strong teacher is an inspiring and effective teacher). Dia  mampu menginspirasi  para siswa dan membuat pembelajaran menjadi bermanfaat bagi mereka (He/she is able to inspire students and make learning useful for them  )
  • Seorang guru kuat memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya (A strong teacher has a high commitment to carrying out his duties).   Dia  memiliki kemauan yang kuat untuk bekerja keras dan bertanggung jawab terhadap siswa dan pekerjaannya (He/ she  has a strong will to work hard and is responsible for his students and work)
  • Seorang guru kuat menetapkan tujuan yang jelas untuk pelajarannya (A strong teacher sets clear goals for his each lesson ).  Dia  memiliki pemahaman yang mendalam tentang apa yang ingin dicapai dalam pembelajaran (He/she has a deep understanding of what he/ she wants to achieve in learning )
  • Seorang guru kuat mampu mengidentifikasi kebutuhan individu siswa dan mengadaptasi metode pengajaran dan bimbingan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa ( The strong teacher is able to identify individual student needs and adapt teaching and guidance methods to suit each student's needs). Dia  memahami bahwa setiap siswa memiliki kecepatan dan cara belajar yang berbeda-beda (He/ she  understands that each student has a different pace and way of learning )
  • Seorang guru kuat mampu mengajar siswa bagaimana cara belajar ( A strong teacher is able to teach students how to learn ). Dia memberikan kesempatan kepada para  siswa untuk menemukan pertanyaan mereka sendiri dan mendorong mereka untuk menjadi pembelajar yang aktif  (He/ she  provides opportunities for students to discover their own questions and encourages them to be active learners )

Ciri-ciri guru kuat dapat bervariasi tergantung pada konteks dan perspektif yang digunakan. Namun, ciri-ciri di atas mencakup beberapa aspek penting yang sering kali dianggap sebagai ciri-ciri guru kuat (The characteristics of strong teachers can vary depending on the context and perspective used. However, the characteristics above include several important aspects that are often considered characteristics of strong teachers ).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline