Lihat ke Halaman Asli

Maskatno Giri

🌄©Mas Guru B.INGGRIS SMA,The Alumnus of English P PS UNS SURAKARTA

Dibutuhkan Guru Penggerak Berdedikasi

Diperbarui: 8 Juli 2024   15:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menurut Khalifa Affnan, pemenang Cambridge Dedicated Teacher Award 2022 ,   Guru yang berdedikasi adalah guru tangguh,  bersemangat, suka bekerja keras  dalam mengajar atau memimpin kegiatan pembelajaran demi para siswanya.

Saya sebagai guru  memotivasi diri sendiri serta sesama  guru teristimewa Guru Pengerak supaya mereka lebih bersemangat lagi untuk bekerja. Saya  mendukung  para guru  penggerak  untuk menjadi " dedicated  teacher", yakni guru berdedikasi yang selalu menjadi inspirator untuk para siswa dan teman sesama guru dan juga inspirator untuk warga masyarakat.

Guru Penggerak   (GP) adalah salah satu motor penggerak kesuksesan Kurikulum Merdeka.  GP diatur berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi no 26 tahun tahun 2022 tertanggal 12 Juni 2022. Isi dari peratuaran Menteri tersebut, antara lain Guru Penggerak bertugas untuk menggerakkan komunitas belajar untuk sesama rekan guru di sekolah dan di wilayahnya,  menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah dll.

Guru pengerak  memang seharusnya berdedikasi, karena mereka dibebani amanat berat menjadi  agen perubahan "agent of change":  perubahan dari malas belajar menjadi gemar belajar. Perubahan untuk mengajak siswa  berani mengungkapkan pendapat secara lisan dan tulisan  dari pada sekedar pendengar dan pembaca. Demikian juga guru penggerak adalah agen perubahan membentuk  manusia pembelajar yang aktif,  kreatif, inovatif  di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Saat ini  banyak warga masyarakat baik yang terpelajar/ siswa  perlu dibelajarkan terutama di bidang literasi. Masyarakat kini  cenderung tidak suka belajar terlebih membaca, mereka lebih  "addicted" atau kecanduan  dengan judi online,  game on line dan segala bentuk hiburan di dunia maya.

Guru pengerak yang berdedikasi seharusnya memiliki semangat lebih tinggi dibanding guru biasa, karena mereka diamanati :

  • Menginspirasi , memotivasi dan mengembangkan potensi siswa. Guru penggerak  yang inspiratif mampu menjadi seorang motivator bagi siswa-siswanya. Mereka dapat memotivasi siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka dalam belajar dan kehidupan sehari-hari. Dengan memberikan dorongan dan pujian, seorang guru mampu membangkitkan semangat dan antusiasme dalam kelas. Selain itu, mereka juga harus memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, dan dengan demikian, menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan.
  • Memiliki kemampuan dalam pengelolaan kelas yang baik. Setiap murid memiliki bakat, minat dan kemampuan yang berbeda-beda. Maka guru penggerak harus memiliki  pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi, Mereka harus faham tentang kemajemukan dan faham tentang " multiple intelligence".  Hal ini berdasarkan filosofi dari Kihajar Dewantara, yang mengatakan bahwa setiap anak itu unik dan terlahir dengan minat dan bakat yang berbeda sesuai dengan kodratnya (Ki Hajar Dewantara, 1928)
  • Memiliki kompetensi  profesionalitas. Maksudnya, guru penggerak adalah guru yang mampu mengelola pembelajaran, dia juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang mata pelajaran yang diajarkan  dan kaya cara dalam mengolah siswa di dalam maupun di luar kelas. Guru  penggerak harus mau belajar terus-menerus memperbarui informasi terkini. Mereka harus dapat mengidentifikasi kebutuhan siswa .
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang  baik.  Seorang guru  penggerak  harus mampu mengkomunikasikan ekspektasi suksesnya pembelajaran   dan memotivasi siswa  untuk mencapainya. Kemampuan berkomunikasi membantu guru dalam menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dengan variasi cara yang mudah dipahami oleh para siswa.
  • Memiliki  kreatifitas  dan daya  inovasi. Seorang guru penggerak adalah  guru kreatif dan inovatif juga mampu memotivasi sesama guru untuk berkreatif.  Mereka harus mampu menciptakan metode pembelajaran yang  kaya cara dan bermakna, menarik dan inovatif untuk menarik perhatian siswa. Dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menantang. Selain itu, guru penggerak  juga harus dapat menyesuaikan gaya pengajaran mereka dengan berbagai gaya belajar siswa yang bervariasi, sehingga setiap siswa merasa dihargai dan didengar dalam proses belajar mereka.
  • Memiliki  empati dan kehangatan.Guru penggerak harus bersifat  inspiratif dan efektif juga harus memiliki sifat empati dan kehangatan. Mereka harus dapat merasa dan memahami perasaan siswa yang berbeda beda, dan bersikap konsisten dalam memberikan dukungan dan perhatian kepada setiap individu. Guru yang empatik dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar atau masalah pribadi untuk tetap termotivasi dan berprestasi.
  • Memberikan umpan balik yang konstruktif. Seorang guru pengerak  dihadapkan pada perbedaan-perbedaan atau kemajemukan kondisi siswa. Maka dia seharusnya memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa-siswanya. Guru penggerak  harus mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa secara objektif dan membantu mereka untuk berkembang secara pribadi dan akademis. Umpan balik yang positif dapat meningkatkan kepercayaan diri  (self confidence ) siswa .
  • Memiliki jiwa kolaboratif dan membangun kerjasama. Seorang guru penggerak  adalah guru kolaboratif  maksudnya dapat bekerja sama dengan guru  lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.  Mereka harus aktif berpartisipasi dalam tim kerja  dalam  koridor  pembelajaran yang lebih beragam dan kaya, sehingga siswa mendapatkan manfaat dari berbagai perspektif dan variatif dalam model model pembelajaran.
  • Memahami perkembangan teknologi. Guru penggerak dihadapkan pada kondisi siswa yang semakin faham dengan teknologi. Seorang guru penggerak harus dapat menerapkan teknologi secara efektif dalam pembelajaran mereka dengan  variasi cara. Dengan memanfaatkan alat-alat teknologi, guru  penggerak dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan  menyenangkan.

Saya mengajak diri saya  sendiri  dan guru yang lain ikut menyukseskan program guru penggerak. Para guru penggerak  butuh dukungan. Mereka juga membutuhkan kolaborator  dari guru lain dalam  mengimplementasikan kegiatan mereka.

Tidak diragukan lagi, Kebijakan tentang keberadaan Guru Penggerak  terus dikuatkan, bapak Menteri Nadiem Makarim menyatakan di tahun 2024  ini  akan meningkatkan jumlah Guru Penggerak.   Dalam pidato beliau:

"Saya yakin Ibu dan Bapak guru di sini ingin program guru penggerak  terus berlanjut, dari posisi 50.000 guru penggerak yang sudah ada di lapangan saat ini akan menjadi 100.000 Guru Penggerak pada 2024," ucap dia dalam acara Hari Guru Nasional 2023 di Indonesia Arena GBK, Sabtu (25/11/2023)

Yang terakhir dari tulisan ini, semoga kita dikuatkan oleh Allah Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menjadi guru berdedikasi, guru yang bersemangat tinggi dalam membelajarkan para siswa siswi demi  kejayaan masa depan  Negara Republik Indonesia tercinta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline