Menurut Khalifa Affnan, pemenang Cambridge Dedicated Teacher Award 2022 , Guru yang berdedikasi adalah guru tangguh, bersemangat, suka bekerja keras dalam mengajar atau memimpin kegiatan pembelajaran demi para siswanya.
Saya sebagai guru memotivasi diri sendiri serta sesama guru teristimewa Guru Pengerak supaya mereka lebih bersemangat lagi untuk bekerja. Saya mendukung para guru penggerak untuk menjadi " dedicated teacher", yakni guru berdedikasi yang selalu menjadi inspirator untuk para siswa dan teman sesama guru dan juga inspirator untuk warga masyarakat.
Guru Penggerak (GP) adalah salah satu motor penggerak kesuksesan Kurikulum Merdeka. GP diatur berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi no 26 tahun tahun 2022 tertanggal 12 Juni 2022. Isi dari peratuaran Menteri tersebut, antara lain Guru Penggerak bertugas untuk menggerakkan komunitas belajar untuk sesama rekan guru di sekolah dan di wilayahnya, menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah dll.
Guru pengerak memang seharusnya berdedikasi, karena mereka dibebani amanat berat menjadi agen perubahan "agent of change": perubahan dari malas belajar menjadi gemar belajar. Perubahan untuk mengajak siswa berani mengungkapkan pendapat secara lisan dan tulisan dari pada sekedar pendengar dan pembaca. Demikian juga guru penggerak adalah agen perubahan membentuk manusia pembelajar yang aktif, kreatif, inovatif di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Saat ini banyak warga masyarakat baik yang terpelajar/ siswa perlu dibelajarkan terutama di bidang literasi. Masyarakat kini cenderung tidak suka belajar terlebih membaca, mereka lebih "addicted" atau kecanduan dengan judi online, game on line dan segala bentuk hiburan di dunia maya.
Guru pengerak yang berdedikasi seharusnya memiliki semangat lebih tinggi dibanding guru biasa, karena mereka diamanati :
- Menginspirasi , memotivasi dan mengembangkan potensi siswa. Guru penggerak yang inspiratif mampu menjadi seorang motivator bagi siswa-siswanya. Mereka dapat memotivasi siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka dalam belajar dan kehidupan sehari-hari. Dengan memberikan dorongan dan pujian, seorang guru mampu membangkitkan semangat dan antusiasme dalam kelas. Selain itu, mereka juga harus memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, dan dengan demikian, menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan.
- Memiliki kemampuan dalam pengelolaan kelas yang baik. Setiap murid memiliki bakat, minat dan kemampuan yang berbeda-beda. Maka guru penggerak harus memiliki pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi, Mereka harus faham tentang kemajemukan dan faham tentang " multiple intelligence". Hal ini berdasarkan filosofi dari Kihajar Dewantara, yang mengatakan bahwa setiap anak itu unik dan terlahir dengan minat dan bakat yang berbeda sesuai dengan kodratnya (Ki Hajar Dewantara, 1928)
- Memiliki kompetensi profesionalitas. Maksudnya, guru penggerak adalah guru yang mampu mengelola pembelajaran, dia juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang mata pelajaran yang diajarkan dan kaya cara dalam mengolah siswa di dalam maupun di luar kelas. Guru penggerak harus mau belajar terus-menerus memperbarui informasi terkini. Mereka harus dapat mengidentifikasi kebutuhan siswa .
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Seorang guru penggerak harus mampu mengkomunikasikan ekspektasi suksesnya pembelajaran dan memotivasi siswa untuk mencapainya. Kemampuan berkomunikasi membantu guru dalam menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dengan variasi cara yang mudah dipahami oleh para siswa.
- Memiliki kreatifitas dan daya inovasi. Seorang guru penggerak adalah guru kreatif dan inovatif juga mampu memotivasi sesama guru untuk berkreatif. Mereka harus mampu menciptakan metode pembelajaran yang kaya cara dan bermakna, menarik dan inovatif untuk menarik perhatian siswa. Dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menantang. Selain itu, guru penggerak juga harus dapat menyesuaikan gaya pengajaran mereka dengan berbagai gaya belajar siswa yang bervariasi, sehingga setiap siswa merasa dihargai dan didengar dalam proses belajar mereka.
- Memiliki empati dan kehangatan.Guru penggerak harus bersifat inspiratif dan efektif juga harus memiliki sifat empati dan kehangatan. Mereka harus dapat merasa dan memahami perasaan siswa yang berbeda beda, dan bersikap konsisten dalam memberikan dukungan dan perhatian kepada setiap individu. Guru yang empatik dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar atau masalah pribadi untuk tetap termotivasi dan berprestasi.
- Memberikan umpan balik yang konstruktif. Seorang guru pengerak dihadapkan pada perbedaan-perbedaan atau kemajemukan kondisi siswa. Maka dia seharusnya memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa-siswanya. Guru penggerak harus mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa secara objektif dan membantu mereka untuk berkembang secara pribadi dan akademis. Umpan balik yang positif dapat meningkatkan kepercayaan diri (self confidence ) siswa .
- Memiliki jiwa kolaboratif dan membangun kerjasama. Seorang guru penggerak adalah guru kolaboratif maksudnya dapat bekerja sama dengan guru lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Mereka harus aktif berpartisipasi dalam tim kerja dalam koridor pembelajaran yang lebih beragam dan kaya, sehingga siswa mendapatkan manfaat dari berbagai perspektif dan variatif dalam model model pembelajaran.
- Memahami perkembangan teknologi. Guru penggerak dihadapkan pada kondisi siswa yang semakin faham dengan teknologi. Seorang guru penggerak harus dapat menerapkan teknologi secara efektif dalam pembelajaran mereka dengan variasi cara. Dengan memanfaatkan alat-alat teknologi, guru penggerak dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
Saya mengajak diri saya sendiri dan guru yang lain ikut menyukseskan program guru penggerak. Para guru penggerak butuh dukungan. Mereka juga membutuhkan kolaborator dari guru lain dalam mengimplementasikan kegiatan mereka.
Tidak diragukan lagi, Kebijakan tentang keberadaan Guru Penggerak terus dikuatkan, bapak Menteri Nadiem Makarim menyatakan di tahun 2024 ini akan meningkatkan jumlah Guru Penggerak. Dalam pidato beliau:
"Saya yakin Ibu dan Bapak guru di sini ingin program guru penggerak terus berlanjut, dari posisi 50.000 guru penggerak yang sudah ada di lapangan saat ini akan menjadi 100.000 Guru Penggerak pada 2024," ucap dia dalam acara Hari Guru Nasional 2023 di Indonesia Arena GBK, Sabtu (25/11/2023)
Yang terakhir dari tulisan ini, semoga kita dikuatkan oleh Allah Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menjadi guru berdedikasi, guru yang bersemangat tinggi dalam membelajarkan para siswa siswi demi kejayaan masa depan Negara Republik Indonesia tercinta.