Lihat ke Halaman Asli

Maskatno Giri

🌄©Mas Guru B.INGGRIS SMA,The Alumnus of English P PS UNS SURAKARTA

Inilah Bukti ! Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Lebih Efektif

Diperbarui: 3 Juli 2024   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Dokumen Pribadi Para Siswa SMAN 1 GIRIMARTO  oleh Maskatno Giri

Saya adalah  guru Bahasa Inggris SMA. Saya telah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan  kontekstual,  dan terbukti sangat efektif. Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran adalah suatu pendekatan yang menekankan  pada proses keterlibatan siswa atau anak  secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk menerapkannya pada kehidupan mereka.

Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran  bahasa Inggris  memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa  untuk banyak praktik langsung dalam upaya   peningkatan "skill " mereka.  Misalnya siswa diharuskan praktik  berbicara (speaking)  secara langsung, dengan  materi yang berhubungan dengan kehidupan nyata, terlebih  berhubungan dengan kehidupan remaja SMA.

Di bawah ini beberapa contoh   kegiatan saya dalam menerapkan  pendekatan kontekstual  mapel bahasa Inggris , yang telah saya upload melalui Youtube:

Siswiku menerangkan bagaimana layang -layang  karyanya bisa terbang.

Siswiku membuat kerajinan tangan dan dipromosikan untuk dijual

Siswaku praktik menjadi guru dan menerangkan proses terjadinya hujan

Para siswaku praktik kepramukaan bahasa Inggris

Siswaku Kistanti menerangkan tentang pertanian di Girimarto

Demikan  bukti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual semoga menginspirasi, minimal untuk siswa saya dan saya sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline