Lihat ke Halaman Asli

Maskatno Giri

🌄©Mas Guru B.INGGRIS SMA,The Alumnus of English P PS UNS SURAKARTA

Bugar Berkah Herbal -Pengalaman Pribadi Konsumsi Rimpang

Diperbarui: 17 Agustus 2021   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

"Resepnya apa mas,  stamina Anda tetap prima jarang sakit, walau  tiap hari motoran puluhan kilometer? " .Itulah kurang  lebih ungkapan sobat di sela sela ngobrol denganku.

Dia sudah faham bahwa saya setiap hari harus menempuh perjalanan 1 jam lebih  untuk sampai di kantor tempat aku bekerja.

Rumahku Telukan dekat Solo Baru,sedangkan tempat kerjaku Girimarto Wonogiri.  Kutempuh pp sekitar 100 km. Hampir setiap hari,  saya naik sepeda motor pp. Ini sudah kulakukan lebih dari 20 tahun.

Lalu  adakah dampak  buruk di kesehatan fisik saya ?

Gangguan fisik jelas ada, walau sedikit. Makanya saya searching informasi  bagaimana menjaga stamina.  Di awal awal tahun, saya bekerja saya sering merasakan mudah kecapaian, flu batuk  dan sering sari awan. Setelah saya  mempelajari nasihat para ahli kesehatan, akhirnya saya mendapat nasihat  dari para ahli herbal,salah satunya dari Dr.Zaidul Akbar, saya temukan solusinya:  " tetap bugar dengan herbal ".

Lalu jenis herbal apa  yang membantuku tetap prima? Jawabanya: Saya sering mengkonsumsi jenis rimpang..... Lalu apa rimpang itu? 

Definisi rimpang dari Wikipedia : rimpang atau rizoma (bahasa Latin: rhizoma) adalah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas dan akar baru. Jenisnya bisa temu-temuan (Zingiberaceae) dan paku-pakuan (Pteridophyta). Rimpang menyimpan banyak minyak atsiri dan alkaloid yang berkhasiat menjadi obat herbal.

Beberapa contoh  jenis rimpang adalah jahe, kunyit, serei dan temu lawak.  Rimpang tersebut tergolong murah n mudah didapat. Terakhir Istri saya  beli di pasar Telukan jahe emprit 32 ribu per kilo. Sedangkan kunyit dan temu lawak lebih murah berkisar 10 ribuan per kilo.

Saya memutuskan rutin merebus dan meminum perpaduan jahe  emprit , serai dan kunyit. Lalu secara rutin  saya minum ramuan ini minimal dua gelas per hari.Pagi sebelum sarapan besar   dan sore sebelum tidur. Paling enak minumnya saat masih hangat dan kutambahi sedikit gula dan kopi. Kopi berfungsi sebagai penghilang bau kurang sedap.  Ingin tahu
bagaimana cara membuatnya ?

Mudah. Saya biasa pakai setengah 3 buah jahe dan 1 batang serai dan 1/2 batang  kunyit untuk sekali rebus dalam panci ukuran sedang. Sebelum direbus jahe, kunyit dikupas dan dicuci, begitu juga dengan serai; potong bagian atasnya lalu cuci bersih.

Jahe,kunyit dan serai digeprek  tidak sampai hancur lebur.Lalu geprekan tadi  dimasukkan dalam air mendidih hingga air berubah agak kecokelatan. Setelah hangat , bisa diminum

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline