Lihat ke Halaman Asli

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Minimalis

Diperbarui: 7 Agustus 2020   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Budidaya Ikan Lele - Sekilas, budidaya ikan lele dalam ember terkesan hanya semata-mata candaan saja. Padahal, metode ini udah cukup banyak dilakukan, lho. Pada dasarnya, budidaya ikan lele ditunaikan lewat fasilitas kolam yang besar. Namun, tidak semua orang mempunyai lahan luas. Maka dipilihlah beragam model fasilitas lain yang ringan disesuaikan.

Budidaya Ikan Lele Dalam Ember

Budidaya ikan lele di didalam ember bakal jauh lebih irit biaya. Selain itu, tidak memerlukan lahan yang luas untuk memulainya. Cara ini apalagi tergolong terlalu ringan dan dapat dikerjakan oleh siapa saja.

Budidaya ikan lele gunakan fasilitas ember yakni untuk kepentingan mengonsumsi terkecil di dunia. Cocok untuk masyarakat perkotaan yang padat penduduk. Untuk memulainya, pastikan Anda buat persiapan peralatan dan kebutuhan lainnya tersebut ini:

1.Siapkan ember 80 liter atau berdiameter 50 cm.

2.Bibit ikan lele

3.Strimin

Adapun langkah pembudidayaannya adalah sebagai berikut:

1.Lubangi ember di bagian bawah samping untuk saluran pembuangan. Saluran tersebut dapat termasuk Anda aplikasikan kran air untuk mempermudah pembuangan.

2.Isilah ember bersama air. Namun, air yang diisikan jangan terlalu penuh. Tujuannya agar ikan lele dapat mengambil alih udara bersama baik.

3.Biarkanlah air selama 3 hari agar tidak terlalu asam. Jika air terlalu asam, tambahkanlah garam dapur 1/2 sendok makan. Dengan begitu, air bakal mempunyai pH yang netral.

4.Masukkan benih ikan lele sebanyak 60 ekor untuk kuantitas maksimum ukuran ember.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline