Lihat ke Halaman Asli

iPhone 5 Belum Berhasil Yakinkan Pengguna Android

Diperbarui: 24 Juni 2015   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hanya ada dua pilihan diletakan diatas meja saat bicara tentang iPhone -- mencintainya atau membencinya. Namun jika melihat kenyataan dari hasil penjualan minggu pertama handset ini dirilis, nuansa mencintainya lebih mendominasi tentunya, secara telah tercatat lebih dari 5 juta unit terjual hanya dalam waktu 3 hari saja.

Selain itu di iPhone 5 kita akan temui versi sempurna iOS 6, di dalamnya terdapat Apple map menggantikan Google Maps sebagai usaha Apple melawan dominasi Android. Meski fitur ini dinilai belum sempurna, namun tidak mengurangi antusias para penggunanya, berdasarkan statistik fitur ini telah dipaksa melayani lebih dari 100 juta perangkat Apple yang telah update ke versi iOS 6.

Juru bicara Apple menjawab kritik pada Map mereka; "Bahwa ini layaknya masalah kecil seperti tumbuhnya gigi, dan aplikasi baru akan dibangun berdasarkan feedback para pelanggan."

Dan CEO Apple, Tim Cook tampak puas dengan angka penjualan berhasil seri 5 raih dan memberi pernyataan; "Permintaan akan iPhone 5 luar biasa dan kami berupaya keras agar iPhone 5 sampai kepara pelanggan yang menginginkannya."

Berita penjualan hingga 5 juta unit berarti kenaikan hingga 20% dibanding penjualan versi 4s pada minggu pertama Oktober 2011 lalu, yang hanya 4 juta unit terjual. Bahkan angka pre-order iPhone 5 naik dua kali lipat dibanding seri sebelumnya, karena terjual 2 juta unit dalam waktu 24 jam.

iPhone 5 belum berhasil meyakinkan pengguna Android.

Akan tetapi prestasi luar biasa itu tetap mendapat riak kritik berbau kekecewaan, contohnya seorang analisis Piper Jaffrey yang pernah meramalkan akan terjadi penjualan paling tidak 6 juta dalam minggu pertama. Ia juga mengutip presentasi 73% orang yang membeli seri 4s umumnya karena upgrade dari versi sebelumnya, begitupun juga 83% yang membeli iPhone 5 adalah mereka yang upgrade dari versi sebelumnya.

Ia menambahkan, dari data-data tersebut tampaknya Apple belum berhasil membuat pengguna handphone berbasis Android untuk berpindah kelain hati dan membeli iPhone. Dengan kata lain, Apple masih perlu kerja keras lagi meyakinkan pendukung fanatik Android, bahwa produknya jauh lebih baik. Terlebih lagi harga HP Android murah.

Ketersediaan iPhone 5

Sekarang ini hanya penduduk negara seperti US, Kanada, Australia, Perancis, German, Hong Kong, Jepang, Singapura, dan UK dapat membelinya. Kemudian akan tersedia di 22 negara lainnya mulai tanggal 28 September 2012. Dan pada akhir 2012, iPhone 5 diharapkan telah tersedia di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Lalu apakah handset ini akan sukses di Indonesia, menilai harga iPhone 5, apakah ia akan tetap mencetak angka penjualan memuaskan?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline