Lihat ke Halaman Asli

Ketut Ary Sujaya

Universitas Mataram

Game Literasi dan Numerasi Gratis serta Mudah Digunakan

Diperbarui: 17 Januari 2024   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://unsplash.com/photos/scrabble-game-with-lawyer-and-probate-word-zlbB-anyO3I

Berikut ini rekomendasi situs web game atau permainan literasi dan numerasi yang gratis dan mudah digunakan di kelas atau tempat belajar lainnya saat pelajaran berlangsung agar anak-anak senang untuk belajar.

1. Puzzel.org

Sumber: https://puzzel.org/id

Puzzel.org menawarkan fitur membuat berbagai macam permainan literasi dan numerasi dengan mudah dan menyenangkan. Contohnya, teka-teki silang, cari kata, roda keberuntungan, mencocokkan kata, kuis, dan lain-lain. Semuanya gratis, tetapi ada batasan 2 permainan yang dapat disimpan di web tersebut untuk akun gratisan. Untuk mengakalinya, permainan yang tersimpan di web dapat dihapus, sehingga 2 slot tadi dapat dipulihkan. Selain itu, beberapa permainan dapat disimpan di penyimpanan perangkat HP atau komputer dalam format pdf, sehingga dapat di-print di kemudian hari. Keuntungan lainnya adalah pengguna tidak wajib membuat akun, sehingga fiturnya bisa langsung digunakan.

2. Matific

Sumber: https://www.matific.com/id/id/home/

Matific menyediakan berbagai macam permainan numerasi atau literasi matematika yang bisa langsung digunakan. Game yang tersedia umumnya untuk jenjang Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Penanaman konsep dengan cara yang menyenangkan dan dapat bertahan lama di otak menjadi fokus utama permainan. Anak-anak bisa bermain secara langsung melalui gawai mereka atau menggunakan LCD proyektor untuk menampilkannya dalam ukuran besar.

3. Quizizz

Sumber: https://quizizz.com/?lng=id

Quizizz menyediakan perpustakaan kuis yang telah dibuat oleh orang lain untuk berbagai jenjang sekolah. Selain itu, Quizizz juga menyediakan fitur untuk membuat kuis yang bisa disesuaikan semaunya. Ada bermacam-macam bentuk kuis, seperti pilihan ganda dan isian. Anak-anak bisa mengerjakan kuisnya sebagai tugas atau perlombaan cepat-tepat. Pembuat atau penyelenggara kuis bisa memperoleh data aktual kemampuan masing-masing anak sebagai laporan kegiatan. Di dalam kuis, terdapat special ability dan meme yang dapat menambah daya tarik bagi anak-anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline