Lihat ke Halaman Asli

Akhmad Sujadi

Enterpreneur

"Bedah Stasiun" Branding Mengemas Kerja Bakti Lebih Bernilai

Diperbarui: 23 Februari 2019   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Stasiun Sudimara (ft KAI)

Tekad dan semangat menertibkan dan menata lingkungan stasiun dan lingkungan jalur kereta api serta pelayanan di atas KA  di lingkutan PT KAI Daop 1 Jakarta dan Diviis jabotabek saat itu sudah sangat kuat. Terlebih pasca pemberitaan negatif di Kompas berjudul "Lapak Stasiun Diperjualbelikan".

 Judul pemberitaan di Kompas  membuat telinga  pejabat perkeretaapian  saat itu panas. Lingkungan perkeretaapian bukan hanya PT KAI, termasuk Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) yang baru dibentuk pada 2005 oleh Presiden SBY dan baru saja diangkat Dirjen baru yang kala itu dijabat Soemnino Eko Saputro, mantan Dirut PT KAI.

Tak pelak pemberitaan itu berdampak luas kepada Kementerian Perhubungan yang kala itu menterinya dijabat Hatta Rajasa,  dan juga kepada pejabat  PT KAI. Sebagai orang komunikasi, Humas menjadi orang pertama yang ditelpon Dirjen, kebetulan ada kedekatan saya dengan Pak Soemino. Menyusul Kadaop juga ditelpon Pak Mino dan Pak Dirut kala itu Ronni Wahyudi.

Pada sore harinya saya dipanggil Judarso, Kadaop 1 Jakarta. "Pak Jadi bapak bisa mengklarisikasi pemberitaan di Kompas?" kata Judarso yang saat itu hanya berdua di ruangan beliau.

Saya menjawab  dengan jujur. "Mengkalrifikasi mudah. Masalahnya kejadian itu nyata, apalagi  di peron diperjualbelikan oleh oknum. Sebaiknya kita lakukan perbaikan saja. Kita kerja bakti namun dikemas bukan kerja bakti biasa, dikemas dengan konsep   "Bedah Stasiun" saja sebagai solusi dan menindaklanjuti pemberitaan di Kompas," jawab saya kepada Judarso.

"Untuk konsep Bedah Stasiun nanti saya siapkan. Semua karyawan dari kadaop hingga anak buah kita kerahkan untuk merubah kondisi stasiun yang kumuh menjadi stasiun berpenampilan lebih baik, cukup dalam satu hari saja," terang saya yang langsung disetujui Judarso.

Untuk merencanakan "Bedah Stasiun" kami memilih  Stasiun Sudimara di lintas Tanah Abang Serpong, stasiun yang dimuat di pemberitaan  Kompas yang merupakan media nasional ternama. Kami terus merumuskan, merencakan dan pada hari H kami bergerak mengubah wajah Stasiun Sudimara.

Untuk menyusun rencana dan implentasi, tim konseptor mengajak Kadaop mengadakan rapat gabungan Daop 1 Jakarta dan Divisi Jabotabek. Menjadi pertamakalinya dua managemen di PT Kereta Api (Persero) yaitu managemen Daop 1 dan Divisi Jabotabek mengadakan pertemuan rapat besar dengan menghadirkan seluruh kepala stasiun di Daop 1 Jakarta dan Divisi Jabotabek.

tribunnews.com

Dalam rapat tersebut dihasilkan keputusan bersama dan dikeluarkan surat keputusan bersama (SK) penertiban stasiun dengan konsep "Bedah Stasiun" dengan Stasiun Sudimara sebagai stasiun pertama sekaligus menjadi percontohan untuk stasiun lain.

Pembuatan SK sore itu langsung diselesaikan,   ditandantangani oleh Kadaop 1 Jakarta Judarso Widyono dan Kadiv Jabotabek, Tating Setiawan.

Dalam SK yang ditandatangani paska rapat di kantor Kadiv Jabotabek yang saat ini sudah KSO dan menjadi kantor  swasta  di depan Stasiun Juanda ini tertera kepala Stasiun bertanggungjawab dalam menertibkan dan menata lingkungan stasiun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline