[caption caption="Salah satu Warteg dengan konsumenya. (foto Jakarta.go.id) "][/caption]
Oleh; Akhmad Sujadi
Brand Warung Tegal (Warteg) telah melegenda. Ikatan emosional antara Warteg dengan para konsumenya menjadikan Warteg mampu bertahan di era krisis sekalipun. Warteg tak ubahnya Warung Padang yang telah dikemas sedemikian rupa dan menjadi brand yang tidak hanya dinikmati kalangan akar rumput. Warung Padang telah masuk Mal dan kawasan elit di beberapa tempat, khususnya di Jakarta.
Warung Padang, Warung Nasi Ampera yang telah dikemas dan dikelola secara profesional pada awalnya hampir sama dengan Warteg, namun kini mereka telah go Nsional dan memasuki pasar kelas atas. Warteg bila dikemas dengan baik, juga akan mampu bersaing di kancah nasionla bahkan di MEA, pasar bebas Asean sekali pun.
Cita rasa Warung Padang dengan masakan khas padang telah menjalar ke lidah orang kebanyakan, khususnya di Jakarta. Penikmat warung dan masakan padang kini bukan hanya orang Padang yang tinggal di Jakarta dan kota-kota lain. Penikmat masakan padang telah merambah kota-kota besar di Indonesia. Warteg berpeluang bersanding bersama Warung Padang.
Warteg merupakan aset bagi orang-orang Tegal dan aset Nasional sebagai warung dengan cita rasa masakan khas Jawa, khususnya Jawa Tengah. segmen pasar Warteg untuk saat ini memang masih dinikmati golongan menengah ke bawah. Warteg berciri khas harganya murah, masakannya enak dan mudah didapatkan di berbagai kota, khususnya Jakarta.
Meskipun penjual Warteg bukan lagi orang Tegal, penjual nasi Warteg ada dari Brebes, Purwokerto, Purbalingga, bahkan orang Jakarta, namun warung mereka tetap diberi nama Warteg. Hal ini karena Warteg telah memiliki brand, ikatan emosional yang tinggi antara warteg dan para konsumennya. Dengan brand Warteg konsumen lebih mudah dan dapat mengukur kocek sebelum memilih makan di Warteg.
Era modern telah meningkatkan inovasi dan kreativitas di segala bidang untuk meningkatkan kualitas produk. Warteg berpotensi dinaikkan gengsinya menjadi kuliner khas masyakat Jawa, khususnya Jawa Tengah menjadi Brand masakan Nasional Indonesia. Karena menjadi ikon Indonesia, Warteg akan mampu disandingkan dalam laga MEA 2015 mendatang. Kementerian Koperasi & UKM serta Kementerian Pariwisata harus segera bertindak untuk menelusuri jejak Warteg untuk dikemas dengan tampilan outlet yang menarik, masakan yang higienis dan pelayanan yang modern.
Pasar Warteg sebagai ciri khas masakan Jawa sangat terbuka pada MEA yang akan diberlakukan akhir tahun 2015 ini di Asean. Warteg memiliki peluang menjanjikan untuk dikemas dalam bisnis yang lebih baik. Kenapa pasar Warteg di Asean terbuka lebar? Karena banyak orang Indonesia tinggal di negara Asean. Malaysia, Singapura dan Brunai Darussalam bahkan di Hongkong yang diluar Asean Warteg akan dapat diterima pasar karena banyaknya TKI di Hongkong.
Permasalahannya sekarang siapa yang mau memulai?Pemerintah atau swasta sebagai pengusaha. Ini peluang, pangsa pasarnya besar. Jangan dilihat Wartegnya saja, namun omset nya yang lumayan dan menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan memberikan kesempatan kepada Warteg untuk bersanding di kancah Nasional dengan kemasan dan tampilan baru. Warung Tegal Tiada Duanya. Tidak hanya ada di Indonesia, namun bisa di Singapura, Malaysia, dan sebagainya. Ayo kemas menjadi kuliner bergengsi ***