Lihat ke Halaman Asli

Suharyani CahyaAdifriarti

pelajar/mahasiswa

Perjuangan Buruh dan Kemerdekaan Film Indonesia Calling

Diperbarui: 28 November 2022   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PERJUANGAN BURUH DAN KEMERDEKAAN FILM INDONESIA CALLING

Apakah kalian tahu film indonesia calling? Film indoneisia calling adalah film yang merepresentasikan atau memperlihtkan kehidupan, kondisi indonesia menjelang kemerdekaan. Film ini ada pada thun 1945 sampai dengan 1946, dibuat atau disutradarai oleh joris ivens. Joris ivens  ialah orang beland yng merupkan seorang sutradara terkenal hollywood yang mendapatkan jabatan sebagai film commissioner pemerintahan belanda di australia. Joris ivens memuat film indonesia calling dan menjadikan film yang notabene sebagi dokumenter pertama antikolonial yang berkaitan dengan perjalanan bangsa.        

Pada film indonesia calling yang berdurasi 21:09 ini menghadirrkan dua negara di samudra pasifik saling terhubung oleh lalu lintas perdagangan dan penemuan ahli ahli ialah negara australia dan negara indonesia. Sebelum perang memutuskan hubungan laut anatar negara indonesia dan negara australia namun setelah perang tersebut datangnya salah satu kapal yang berlayar ialah kapal esperance day.

Setelah film pada tahun 1945 ditayangkn sejumlah 1.400 warga indonesia meninggalkan australia yang diangkut mengggunakan kapal esperence bay untuk kembali ke surabaya, jawa timur, dengan jaminan pemerintah yang menyatakan bahwa mereka tidak akan mendarat di pelabuhan yang dikuasai belanda. Sebelum berlayar, seorang yang bernama ev elliott perwakilan dari gabungan perserikatan buruh australia menyampaikan sebuah sepatah kata yaitu.

“ sebagai sekertaris federal perserikatan buruh pelaut atas nama pergerakan perserikatan buruh australia saya memberikan bendera ini kepada anda. Bawalah kembali ke republik anda yang baru sebagi simbol dukungan para oekerja australia dalam perjuangan kemerdekaan indonesia.”

Disisi lain perwakilan buruh indonesia mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan tersebut dengan mengucapkan “ teman teman, atas nama republik indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas bendera ini. Kami tidak akan melupakan bantuan besar yang diberikan oleh buruh australia pada awal republik kami. Saat kami membutuhkn pertolongan. Dna semoga australia dan indonesia bersatu selamanya! Indonesia merdeka!”. Pada bagian inilah yang tidak pernah di paparkan pada sejarah indonesia suatu kejadian yang merujuk pada hubungan baik antara baik antara buruh indonesia dan buruh lain yang tersebar atau ada di australia.

Di australia, mereka mengenal bangsa indonesia yang berkerja disana dengan baik. Bertahun tahun mereka tinggal di negara australia sebagai teman atupun sesama penduduk kota walau[un mereka mempunyai budaya dan bahasa yang berbeda, kedua belah pihak menjalin hubungan harmonis dan penuh toleransi. Dimana para wanita mempelajari nama sayur mayur di negara australia, para ibu menemukan bahwa anak anak semua sama dalam bahasa apapun, adapula tentara dan pelaut indonesia yang anak anak mereka kenal bahwa tentara dan pelaut indonesia ialah pejuang melawan musuh bersama yaitu jepang. Pada saat australia melakukan pawai kemenangan dimartin place. Semua warga australia bertepuk tangan untuk musisi indonesia dan memberikan dukungan berupa ribuan poundsterling dan warga australia menyuki musik atau lagu lagu adat indonesia walaupun tidak mengerti bahasanya.

 Di jalan kota sidney, warga indonesia tidak segan untuk bersumpah dan menyuarakan dukungan terhadap kemerdekaan. Pada video terdapat suara independent memanggil yang bersuara

“republik indonesia telah berdiri, dan ketautan ada ditangan rakyat, republik indonesia telah diproklamasikan. Ini adalah titik penting dalam konstitusi republik demokrasi kebebasan berorganisasi, kebebasan berkumpul, kebebaan pers.”. Di jalan sydney juga warga indonesia mengulang kembali sebuah sumpah mereka yang diucpkan oleh anak bangsa merek di seluruh dunia. Sebuah sumpah kesetiaan kepada republik indonesia. Tidak hanya menyuarakan kemerdekaan dalam bentuk sumpah saja, indonesia juga menyuarakan atau merayakan kemerdekaan dengaan tarian ksatrya dan putri kerajaan yang merupakan kebudayaan leluhur mereka yang berusi kurang lebih 1500 tahun sebelum bangsa protugis dan belanda datang.

Setelah bersenang senang dimalam hari akan merayakan kemerdekaan, dipagi harinya sejumlah 72 juta warga indonesia yang tinggal di pulau terkaya mengucapkan sumpah membela kemerdekaan dengan jiwa mereka. Namun sayang nasib indonesi selama 3 setengah abad penjajah kolonial belanda telah mengambil semua keuntungan dari berbagai sektor beberapa contoh ialah dari tembang timah, monopoli kina tambang minyak dan perkebunan karet. Jika dijumlah sekitr 32 juta poundsterling atau 100 juta dolar pertahun. Bukanlah hal tersebut bukan jumlah uang yang sedikit? Sekarang perang telah usai mereka ingin kembali mengeruk keuntungan itu hal tersebutlah diperlukan kapal.

Kapal kapan yang akan dipergunakan berada pada pelabuhan australia yaitu di brisbane, melbourne dan sydney. Kapal kapal tersebut dipergunkan untuk kembali ke indonessia merebut kembali semua keuntungn yang telah diambil. Kapal kapal yang akan menaklukan republik muda ialah kapal yang harus mengangkut prajurit serta senjata. Dengan adanya hal ini buruh-buruh indonesia menolak untuk bekerja membantu belanda mengangkut logistik dan persenjataan itu. Mereka tidak mungkin mengangkut senjata yang nantinya digunakan untuk melawan bangsanya sendiri. Hal ini mengakibatkan pemogokan pekerja tidak hanya buruh indonesia namun buruh asal australia, india, dan cina. Dengan berdasarkan piagam atlentik dukungan pemogokan semakin luas. Apa itu piagam atlentik? Piagam atletik ini berisikan “ kami menuntut janji melalui kongres perserikatan buruh duni untuk mendukung kebebasan bagi semu bangsa.”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline