Lihat ke Halaman Asli

Suharto MTsN 5 Jakarta

Pendidik, penulis, Guru Blogger Madrasah, motivator literasi, pegiat literasi

Kunci Sukses Ala Helmi Yahya

Diperbarui: 23 Oktober 2023   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi 

Kunci Sukses Ala Helmi Yahya 

Cing Ato

#Self motivated 

Setiap orang dalam mengarungi samudera kehidupan ini menginginkan kesuksesan. Namun,  kenyataannya tidak semua orang dapat menggapainya. Untuk sampai kepada kesuksesan tidak mudah seperti mudahnya membalik telapak tangan. Kesuksesan itu butuh proses dan butuh segala-galanya. Maka itu, banyak juga yang gagal untuk meraihnya.

Bagaimana agar kita bisa meraih kesuksesan ?  dilansir dari Helmi Yahya dalam salah satu akun tik-toknya. Beliau mengatakan bahwa untuk mencapai kesuksesan itu butuh menyiapkan kunci kesuksesan. Beliau mengatakan ada tiga kunci, yaitu: skill, mindset, dan attitude. 

Pertama, skill/keterampilan harus ada dalam setiap diri seseorang. Ketiadaannya sulit rasanya menjalani kehidupan ini. Bagaimana ingin melakukan sesuatu pekerjaan kalau dirinya tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya. Apapun pekerjaannya pasti membutuhkan skill. Tidak perlu banyak skill, cukup satu saja sudah bisa dijadikan sandaran hidup. Seperti, skill sebagai seorang sopir mobil. Dengan modal skill itu ia bisa bekerja pada perusahaan traveling atau juga sebagai sopir pribadi. Tentunya jika ingin sukses lagi ia harus menjadi seorang yang mahir (maestro) dalam bidangnya.

Kedua, mind set atau pola pikir.  Mindset merupakan salah satu kunci sukses atau tidaknya seseorang dalam menjalankan kehidupan ini. Banyak orang yang tidak sukses bersebab mindsetnya salah. Sering kita mendengar ada di antara teman-teman kita yang kalah sebelum berperang. Mereka tidak ada semangat, takut, menyerah, dan sifat negatif thinking lainnya. Contoh kecil  saja seperti, tentang menyetir mobil. Kalau seseorang mempunyai mental penakut dan tidak percaya diri sulit rasanya seseorang itu bisa menyetir mobil. Menyetir itu dibutuhkan keberanian dan percaya diri, tanpa itu sulit untuk bisa menyetir mobil.

Ketiga, attitude. Skill dan mindset merupakan modal dasar untuk persyaratan meraih kesuksesan. Tetapi, ada yang sangat urgent dan menentukan sukses atau tidaknya meraih kesuksesan, yaitu attitude. Sering kita melihat dalam tayangan sebuah film motivasi tentang sebuah attitude/karakter. Dalam film itu diperankan oleh tiga aktor, di mana dua orang aktor memerankan karakter yang kurang baik dalam bersikap, sementara yang satu aktor berperan dengan karakter yang baik. Ketiga aktor itu dilihat oleh bos sebuah perusahaan. Maka, yang terpilih dan diterima di perusahaan adalah yang mempunyai attitude yang baik.

Demikian untuk meraih sebuah kesuksesan membutuhkan skill, mindset, dan attitude. Anda ingin sukses? Silakan miliki ketiga kunci kesuksesan itu!

Cilincing, 23 Oktober 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline