Lihat ke Halaman Asli

Suharto MTsN 5 Jakarta

Pendidik, penulis, Guru Blogger Madrasah, motivator literasi, pegiat literasi

Tidak Ada Kesuksesan yang Mudah

Diperbarui: 5 Agustus 2023   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: pribadi 

Tidak Ada Kesuksesan yang Mudah

Cing Ato
#SarapanPagidenganMenulis

Berapa bulan yang lalu semua orang dibuat terkesima atas penampilan Putri Ariani yang spektakuler. Penampilannya mampu menyedot perhatian seluruh dunia. Bahkan, para pejabat dan presiden tidak ketinggalan larut dalam kesuksesan Putri Ariani.

Siapa yang tak bangga akan keberhasilan Putri Ariani. Di tengah keterbatasan ia mampu menampilkan kemampuannya dalam bidang tarik suara. Bukan itu saja beliau pun mampu memainkan alat musik semacam viano.

Tentunya kesuksesan Putri Ariani tidak tiba-tiba datang begitu saja. Ia harus melalui proses yang panjang. Apalagi sebagai orang dalam kondisi keterbatasan netra.

Semangat yang tinggi dan dukungan orang tua yang maksimal mampu merubah segalanya. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Jika, kita mau belajar dan berlatih pasti bisa.

Penyumbang kesuksesan/keberhasilan terbesar seseorang dalam sesuatu bidang yang geluti adalah diri sendiri bukan orang lain. Betapa pun besarnya dorongan orang lain, tanpa ada dukungan dari diri sendiri sulit rasanya untuk berhasil.

Di samping orang -orang sukses yang pernah kita jumpai, ada juga orang -orang yang hidup tidak sukses alias biasa-biasa saja. Orang -orang seperti itu kebanyakan bermental seperti di bawah ini.

1. Zona  Nyaman, orang yang ada pada pusaran ini sulit menerima perubahan. Baginya perubahan adalah menyakitkan. Walaupun perubahan itu adalah sebuah kebaikan. Dalam hidupnya orang zona nyaman tidak mau diganggu gugat. Coba-coba mengganggu kenyamanannya, bisa berurusan dengannya.

2. Mental Blok, orang yang mempunyai mental blok ini pun tidak ubahnya hidup di pusaran zona nyaman. Hidupnya stagnan, tidak mau berusaha, gampang menyerah. Setiap berhadapan dengan sesuatu yang sedikit sulit, ia akan berucap"Tidak bisa, Tidak sanggup, aduh susah, aduh tidak waktu, aduh sudah tua, aduh sibuk dan sujuta aduh lainnya."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline