Lihat ke Halaman Asli

Bahaya Penggunaan Obat Nyamuk Bakar

Diperbarui: 17 Juni 2015   19:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membakar obat nyamuk merupakan salah satu cara untuk mengusir nyamuk. Penggunaan obat nyamuk di negara Indonesia sering digunakaan oleh masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah karena harganya yang cukup terjangkau. Bagi anda yang sering menggunakan obat nyamuk bakar, sudahkah aman dalam penggunaannya? Karena asap yang dihasilkan dari obat nyamuk berisikan polutan yang dapat menjadi masalah kesehatan yang serius.

Salah satu dari beberapa zat yang aktif dari obat nyamuk adalah DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat) yang sangat beracun dan membahayan kesehatan yang dapat merusak system syaraf. Selain itu propoxur merupakan jenis racun kedua yang terdapat di dalam obat nyamuk yang akan menggannggu sistem reproduksi. Selain itu ada beberapa zat yang lain seperti transflutrin, bioallethrin, d-allethrin, cyphenothrin dan praletrhin.

Asap obat nyamuk sangat membahayakan kesehatan, apalagi jika ruangan sudah dipenuhi dengan asap. Penelitian menemukan kerusakan paru-paru yang diakibatkan dari satu obat nyamuk sama dengan kerusakan yang diakibatkan dari 100 batang rokok.

Berikut adalah cara yang tepat untuk menghindari anda dan keluarga dari pengaruh negatif penggunaan obat nyamuk :

1.  Ruangan dengan ventilasi yang cukup

2.Jarak tidak terlalu dekat

3.Letakan pada tempat yang tepat

4.Hindari dari anak-anak dan Ibu Hamil



#semoga bermanfaat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline