Lihat ke Halaman Asli

Saverinus Suhardin

Perawat penulis

Mengasah Keterampilan Sosial

Diperbarui: 17 Mei 2023   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi pribadi penulis

Judul              : Konsep Isolasi Sosial dan Aplikasi Terapi: Manual Guide bagi   Mahasiswa dan Perawat Klinis

Penulis          : Awaliyah M. Suwetty, S.Kep.,Ns, M.Kep

Tebal              : vi + 142 halaman

Penerbit       : Pustaka Saga

Cetakan        : I, Oktober 2021

ISBN               : 978-623-7692-34-8

***

Tiap hari kita selalu bertemu orang lain. Kita saling menyapa, bercakap-cakap, lalu mungkin bekerja sama untuk tujuan tertentu. Rutinitas seperti itu kelihatannya sangat mudah, tapi ternyata ada pula orang yang tidak bisa melakukannya dengan normal. Ada orang yang tidak mau atau tidak mampu berhubungan dengan orang lain dengan alasan tertentu. Kasusnya bukan sekadar ada, tapi sudah banyak dan perlu mendapat perhatian serius.

Ilmu Pengetahuan Sosial telah memberi tahu kita sejak lama, bahwa tidak ada manusia yang mampu bertahan hidup seorang diri. Sebagai makhluk sosial, kita butuh orang lain. Hubungan bantu-membantu akan tercipta secara natural dalam relasi hidup sehari-hari. Tapi, apa yang akan terjadi bila ada orang yang tidak mau atau tidak mampu berhubungan dengan orang lain?

Buku yang berjudul, "Konsep Isolasi Sosial dan Aplikasi Terapi: Manual Guide bagi   Mahasiswa dan Perawat Klinis" memberikan gambaran yang lengkap dan jelas tentang masalah yang berkaitan dengan interaksi sosial tersebut. Secara formal dalam ilmu keperawatan atau kesehatan jiwa, gangguan tersebut dinamakan isolasi sosial. "Keadaan seseorang atau individu yang mengalami penurunan---atau bahkan sama sekali tidak mampu---berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya," demikian definisi isolasi sosial yang tertera pada halaman 2.

Penulis buku tersebut, Awaliyah Muslimah Suwetty, S.Kep.,Ns, M. Kep, pada bagian selanjutnya menguraikan ada begitu banyak faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami isolasi sosial. Penyebab pastinya tidak jelas, namun berbagai pengalaman buruk seperti keberadaan seseorang yang sering ditolak, tidak diterima, merasa kesepian dan tidak mampu membina hubungan yang bermakna dengan orang lain---semuanya itu menjadi pemicu baginya mengalami isolasi sosial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline