Lihat ke Halaman Asli

Saverinus Suhardin

Perawat penulis

Senam, (Jangan Menunggu) Lansia

Diperbarui: 4 Oktober 2015   12:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Senam Lansia di RW 04, Kelurahan Mulyorejo, SUrabaya "][/caption]Di Surabaya, pagi-pagi saat hari minggu, kita akan sering melihat orang keluar rumah, menggunakan pakaian atau perlengkapan olahraga. Banyak jenisnya, ada yang 'jogging', bersepeda, jalan santai, dan berbagai jenis senam.

Demi mendukung kegiatan olahraga itu, sudah ada aturan alih penggunaan jalan raya di lokasi tertentu. Kita sering mendengarnya dengan istilah 'Car Free Day'. Lapangan parkir kantor atau supermarket yang luas juga sering digunakan untuk olahraga. Semua ruang lapang yang kosong, dimanfaatkan secara maksimal oleh warga.

Dari semua jenis olahraga tadi, senam yang sering saya ikuti. Mudah saja, tidak membutuhkan perlangkapan yang rumit dan mahal. Cukup siap pakaian olahraga yang nyaman dan sepatu, plus air minum. Tidak perlu mendaftar jadi member terlebih dahulu. Kita datang saja langsung ke tempat orang senam, lalu bergabung mengikuti gerakan mereka. Belum pernah saya melihat ada yang diusir karena belum mendaftar.

Asalkan mau, semua bisa dinikmati secara gratis. Senam beramai-ramai membuat kita semakin semangat. Apalagi ada instruktur yang lincah dan energik. Mereka akan memandu kita dengan berbagai cara, hingga lupa dengan perasaan capek, dan tanpa terasa kita telah melewatinya selam 1 jam. Menyenangkan dan tentunya sangat bermanfaat.

***

[caption caption="Senam Lansia di RW 04, Kelurahan Mulyorejo, SUrabaya"]

[/caption]

Minggu pagi hari ini, saya juga senam. Kali ini bersama dengan teman-teman kelompok praktik keperawatan komunitas dari FKp UA. Kami ikut bergabung dalam komunitas senam lansia di RW 04, Kelurahan Mulyorejo, Surabaya.

Memang kami belum kategori lansia, tapi sebagai (calon) perawat, kami perlu menyemangati dan mendukung kegiatan bagi lansia. Lebih dari itu, kami ingin bekajar bagaimana tata kelola kegiatan lansia di masyarakat. Pengalaman itu akan menjadi bekal bagi kami dalam memberikan pelayanan terbaik. Perlu diketahui, lansia merupakan salah satu program dari puskemas. Sudah sapatutnya tenaga kesehatan, khususnya perawat mengetahui semua kegiatan berkaitan dengan program kesehatan lansia.

[caption caption="Foto bersama kader lansia RW 04 Mulyorejo. (Pak Mudji: berdiri di tengah yang menggunakan kacamat)"]

[/caption]

Senam berlangsung di halaman rumah Pak Mudji. Beliau merupakan pensiunan perawat, dan mengabdikan diri sebagai ketua kader lansia. Beliau sangat semangat dan optimis dalam mengajak dan menggerakan anggota masyarakat (lansia) di lingkungannya. Dan hasilnya terlihat sekali, banyak anggota yang hadir.

Jam 05.30 sudah mulai berdatangan satu per satu. Kami juga -yang diminta jadi fasilitator-, datang lebih awal. Begitu jam 06.00, senam mulai dilangsungkan. Kami, mahasiswa FKp Unair, langsung berbagi tugas. Ada yang menjadi instruktur di barisan paling depan, samping kiri dan kanan, juga barisan paling belakang. Kami berada di antara lansia, senam bersama, bersukacita bersama, dan sehat bersama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline