Lihat ke Halaman Asli

Suhandono Wijoyokusumo

Grandmaster of kundalini

Apakah prana memiliki kualitas atau jenis tertentu?

Diperbarui: 16 Juli 2024   01:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apakah prana memiliki kualitas atau jenis tertentu?

Ya, dalam tradisi yoga dan filosofi Hindu, prana dianggap memiliki berbagai kualitas atau jenis yang berbeda-beda. Beberapa kualitas prana yang umum dikenal termasuk:

1. **Prana**: Prana umumnya mengacu pada energi utama atau energi vital yang mengalir dalam tubuh dan di sekitar kita. Ini adalah energi yang mendukung fungsi fisik dan mental.

2. **Apana**: Apana adalah jenis prana yang mengontrol fungsi eliminasi dalam tubuh, termasuk pengeluaran urin, tinja, dan proses pemurnian tubuh.

3. **Vyana**: Vyana mengacu pada energi yang merambat ke seluruh tubuh, memfasilitasi distribusi prana ke setiap sel dan jaringan tubuh.

4. **Udana**: Udana berhubungan dengan energi yang memungkinkan proses-proses fisik seperti berbicara, menelan, dan bergerak ke atas atau keluar dari tubuh, seperti dalam ekspresi vokal.

5. **Samana**: Samana mengatur pencernaan dan metabolisme dalam tubuh, mengatur aliran energi di sekitar pusat pencernaan (perut).

6. **Prana Vayus**: Ini adalah pembagian lebih lanjut dari prana ke dalam lima vayus atau arus energi, yang masing-masing mengatur fungsi-fungsi khusus dalam tubuh seperti pernapasan, sirkulasi darah, dan pencernaan.

Setiap jenis prana memiliki peran khusus dalam menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh, dan pengaturan yang tepat dari energi prana ini dianggap penting dalam praktik yoga dan Ayurveda untuk mencapai kesejahteraan holistik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline