Lihat ke Halaman Asli

Suhandono Wijoyokusumo

Grandmaster of kundalini

Apakah Prana Dapat Diukur Secara Ilmiah?

Diperbarui: 15 Juli 2024   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apakah prana dapat diukur secara ilmiah?

Konsep prana dalam tradisi Hindu dan yoga lebih bersifat filosofis dan spiritual daripada dapat diukur secara ilmiah dalam konteks fisik yang konvensional. Prana tidak dapat diukur dengan alat-alat ilmiah seperti yang digunakan dalam fisika atau biologi modern untuk mengukur energi atau fenomena fisik lainnya.

Namun demikian, ada beberapa pendekatan ilmiah yang mungkin relevan atau dapat dikaitkan dengan konsep prana, meskipun tidak secara langsung mengukur prana itu sendiri. Contohnya, penelitian tentang efek pernapasan dalam pranayama telah menunjukkan manfaatnya terhadap kesehatan fisik dan mental, termasuk pengaruhnya terhadap sistem saraf otonom dan fungsi kardiorespirasi.

Secara umum, konsep prana lebih merupakan konsep metafisik dan spiritual yang terkait dengan pengalaman subjektif dalam praktik yoga dan meditasi. Ini merupakan bagian dari paradigma holistik yang mempertimbangkan aspek-aspek energi, kesadaran, dan kesehatan manusia secara menyeluruh, yang tidak selalu dapat dijelaskan atau diukur sepenuhnya dengan cara-cara ilmiah konvensional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline