Lihat ke Halaman Asli

Suhaimi Arza

Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Mengisi Waktu Luang di Bulan Ramadhan dengan Menonton Flim Religi

Diperbarui: 5 April 2023   13:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manfaat Menonton flim religi (sum dokpri)

Kemudahan media saat ini membuat kita semakin mudah mengakses bberbagai flim baik yang sudah jadul hingga terbaru.  Genre flim berbagai macam tergantung kepda penonton mau memilih yang mana. Namun tidak sedikit juga flim yang memberikan pesan pesan kebaiakan dan nilai nilai dari kebaikan dari flim tersebut.

Mengisi waktu luang di bulan Ramdhan saat berpuasa, pastinya harus mencari kegiatan yang bermanfaat sehingga tidak mencedrai kemulian bulan ini.  Menonton flim yagn bermanfaat silahkan saja, namun harus melakukan seleksi hiburan mana yang harus ditonton dan jangan sampai salah pilih karena akan merusak kualitas bulan Ramadhan dan puasa yang sedang dilakukannya.

Saat ini para produser perfliman  telah memproduksi flim flim religi yang menyampaikan nilai nilai dakwah dan nilai kebaikan yang ditanyangkan di bioskop maupun di dunia pertelevisian.

Flim religi menjadi sarana dakwah dalam menyoroti isu ajaran Islam atau memperkenalkan isi isi  ajaran  Islam secara luas melalui media perfileman. Flim juga berperan besar dalam memperkenalkan budaya Islam baik secara lokal maupun manca negara.

Flim religi sangat membantu para dai untuk menyamoaikan pesan pesan Alqur'an melalui dakwah, yang mereka ttidak sanggup untuk menjangkau kalangan yang begitu luas dan bersifat umum.  Siapapun  boleh mengakses tidak terkecuali inilah kelebihan flim religi, beda dengan dakwah dari para dai hanya sampai kepada orang orang khusus yang berada dimesjid, tempat pengajian dll.

Nilai yang ditanamkan dalam flim religi lebih menarik dari apa yang disampaikan oleh para dai karena dibumbuhi dengan proses penglihatan dan perasaan mellaui alur cerita yang ditampilkan. 

Berikut adalah manfaat menonton flim Islami di dalam bulan Ramadhan :

1. Mengisis waktu luang dengan hal yang menambah keimanan 

Pesan yang disampaikan dalam alur cerita flim religi adalah keimanan terhadap Allah dengan menyalurkan cerita yang menggugah  para penonton untuk menerapkan nilai yang disampaikan.  Dalam flim religi juga terdapat nilai dakwah lainnya seperti  menanamkan nilai nilai kebaikan yang ada pada Islam.

Hal ini bermanfaat bagi umat islam daripada menonton hiburan lainnya yang tidak bermanfaat, atau menonton flim yang dapat merusak moral dengan kisah kisah percintaan, pacaran, dan nilai nilai pergaulan   yang dilarang dari sisi agama Islam.

2. Menambah wawasan nilai keislaman

Cerita flim religi pastinya akan menampilakn muatan muatan dari agama dan nilai yang terkandung secara luas.  Kebudayaan Islam tidak kaku, sangat banyak nilai dari setiap budaya baik yang ada dalam negeri kita dan negara lainnya terkandung nilai keislaman yang terkandung, sehingga menambah pengetahuan penonton tentang kebudayaan kebudayaan yang mengandung ajaran Islam. Flim religi dapat membuka wawasan umat Islam tterhadap nilai Keislaman sehingga tidak mudah menuduh budaya yang berbeda dengan tuduhan bi'ah karena tidak ada didaerah mereka.

3. Memperkenalkan para tokoh

Banyak flim yang mengangkat cerita para tokoh  mengenai biografi kehidupannya. Cerita  yang ditampilkan memuat pengetahuan tentang tokoh yang diperankan seperti flim tentang Rasulullah, atau kisah para sahabat nabi dll, tokoh dari para ulama baik yang terdahulu maupun pejuang pejuang religi saat ini juga ada yang diflimkan agar jasa dan biografi mereka tersampaikan pada para penonton sehingga nilai positif dari tokoh tersebut dapat diamalakan dalam kehidupan.

4. Memahami sejarah perjuangan para tokoh 

Tidak hanya sekedar nilai keislaman, flim religi juga memberikan kisah sejarah dari para tokoh tokoh islam  dalam melakukan dakwah  untuk perjuangan menyebarkan agama.   Hal ini dapat memperkaya pengetahuan penonton mengenai bagaimana sejarah yang dilewati oleh tokoh yang ditonjolkan dari alur cerita atau flim tersebut. Sehingga sejarah yang terjadi  dari sosok pejuang itu akan diketahui dan dapat dinikmati dengan visualitas yang didukung dengan latar belakang gambar dan suara sehingga lebih menarik. Setelah menonton flim tersebut  membuat penonton meningkat pengetahuan perihal sejarah  yang ditampilkan pada flim tampa harus membaca buku terlebih dahulu.

Mari kita isi Ramadhan dengan hal hal yang positif jadikan setiap nontonan keluarga  kita bermanfaat dan menambah ilmu serta tidak mencedrai amal puasa yang sedang kita lakukan.

Penulis : Suhaimi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline