Lihat ke Halaman Asli

Suhaimi Arza

Guru, Dai dan Pemerhati Pendidikan

Empat Amalan yang Paling Dicintai Allah

Diperbarui: 23 Februari 2023   01:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Empat Amalan yang paling dicintai Allah (dokpri)

Berbicara amal sudah pasti setiap kebaikan dicintai oleh Allah, setiap yang baik itu adalah perintahnya namun dalam setiap amal pastinya ada yang lebih istimewa dengan predikat  paling dicintai. Berikut ini ada empat amal kebaikan yang paling dicintai oleh Allah yaitu : 

1. Shalat 

2. Membaca Alqur'an 

3. Berzikir

4. Berdoa

Mari kita jabarkan satu persatu agar lebih memahami terkait amalan yan paling dicintai oleh Allah.

1. Shalat

Al Imam An Nawawi rhm. didalam kitab beliuw menyebutkan bahwa " shalat itu lebih utama daripada ibadah lainnya". 

Jika kita membaca dari apa yang disebutkan oleh Imam Nawawi dapat dipahami bahwa Shalat adalah amal yang paling tinggi derajatnya dibandingkan dengan amalan amalan wajib lainnya, hal ini senada apabila kita merujuk kepada Hr Al Bukhari (5970) dan Muslim (85) yang disampaikan oleh Ibnu Mas'ud  " Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah ? Rasulullah menjawab "shalat pada aktunya."

Rasulullah Bersabda " Beristiqamahlah dan jika kalian  tidak mampu melakukannya, ketahuilah bahwasanya sebaik baik amalan adalah shalat dan tak ada yang menjaga wudhu kecuali orang beriman." (HR . Ibnu Majah (277) Ahmad (5:276) disampaikan oleh Tsauban Ra.)

Dalam hadist diatas Allah memerintahkan untuk senantiasa melakukan amalan yang baik dan sebai baik amlaan yang paling baik itu adalah shalat, oleh karena itu berusahalah untuk setiap saat melaksanakan shalat, terlebih lebih shalat wajib. Dalam hadist tersebut juga dijelaskan mengenai perihal wudhuk yang menjadi syarar sahnya  shalat.

Dalam melaksanakan shalat seseorang harus mempunyai ilmu tatacara melakukannya dan hal hal yang terkait dengan amalan tersebut, jadi tidak cukup hanya shalat saja namun harus belajar juga tatacara perihal yang terkait dengan shalat seperti wudhuk,syarat dan rukun shalat dll.

Perlu diketahui bahwa shalat bukan hanya bermanfaat untuk akhirat semata, shalat juga berpengaruh apda kesehatan badan dan hati serta menguatkan  keduanya.  Didalam kitab Zad Al Ma'ad pada pembahasan Manfaat shalat Ibn Al Qayyim berkata " Shalat menarik rezeki, menjaga kesehatan, menolak gangguan, mengusir penyakit, menguatkan jantung, memutihkan wajah (bukan mlah hitam), menggembirakan jiwa, menghilangkan sifat malas, menggiatkan anggota tubuh, menambah kekuatan, melapangkan dada, makanan ruh, menerangi hati, menjaga kenikmatan, menolak bencana, menarik keberkahan, menjauhkan dari syaitan, dan mendekatkan diri kepada sanga maha pengasih."

2. Membaca Alqur'an

Dalam HR AL Baihaqi dalam kitab Asy Syu'ab (2 : 354) disampaikan oleh An-Nu'man bin Basyir) Rasulullah bersabda " Ibadah umatku yang terutama adalah membaca Alqur'an."

Membaca Alqur'an adalah kemulian yang diberikan ALlah kepada manusia, Malaikat tidak Allah berikan hal yang mulia ini kareanya mereka sangat suka mendengarnya bacaan Alqur'an daripada manusia, dikutip dari kata Al imam Al Hafidh Abu Amr bin ash Shalah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline