Lihat ke Halaman Asli

Sugiyanto Hadi Prayitno

TERVERIFIKASI

Lahir di Ampel, Boyolali, Jateng. Sarjana Publisistik UGM, lulus 1982. Pensiunan Pegawai TVRi tahun 2013.

Ibunda Jokowi Meninggal, Keteladanan Seorang Ibu, dan Tak Perlu Ada Nyinyiran

Diperbarui: 25 Maret 2020   23:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

presiden ri Joko widodo dan ibundanya Ibu Sudjiati Notomiharjo

Saya sedang mencari-cari bahan tulisan ketika muncul breaking news di media online. Berita duka-cita. Ibunda orang nomor satu di negeri ini meninggal dunia.

Maka saya pun buru-buru mengumpulkan pemberitaan mengenai itu. Yang ada baru sepotong-sepotong, belum lengkap. Saya berpikir cepat, semua media nantinya pasti akan memberitakannya. Lengkap dan detail pula. Karena itu saya akan menulis hal lain saja. Sisi lain, atau sisi yang berbeda dengan pemberitaan di media arus utama.

Berpikir beberapa saat kemudian saya temukan seperti yang mungkin dipikirkan para pembenci Jokowi dan Pemerintahannya: tanggalkan hati nurani, hapus simpati dan empati. Dalam keadaan apapun musuh tetaplah lawan. Tidak ada kata selesai dan jeda. Mereka pasti sibuk berpikir untuk segera membuat olok-olok, sindiran, cemooh, fitnah, dan bahkan ungkapan sarkas mengenai peristiwa itu dalam bentuk tulisan, gambar maupun video.

Masih ingat materi kampanye hitam pada Pilpres lalu? Kurang-lebih itulah bahan untuk dijadikan nyinyiran kali ini.

Sedih sekali kalau hal seperti itu terjadi. Saya betul-betul berharap tidak terjadi. Saya mendahului berprasangka buruk justru agar tidak ada yang nekat. Membayangkan ibu sendiri meninggal dunia, maka begitulah kesedihan dan rasa kehilangan yang dialami seorang Jokowi saat ini.

*

Ibu adalah segala-galanya bagi seorang anak. Keberhasilan seorang anak tak lepas dari doa dan didikan para orang tua, khususnya ibu. Dalam kondisi senang atau susah, lapang atau sempit, seorang ibu sejati mampu mengantarkan anak-anaknya pada kedudukan tertentu yang terbaik.

Demikian pula kiranya yang tergambarkan mengenai sosok Ibu Sudjiati Notomiharjo, ibunda Joko Widodo, Presiden ke 7 Republik Indonesia. Sosok ibu yang santun, ramah, dan sederhana -tetapi tegas dalam prinsip itu- tergambarkan jelas pada kepribadian dan sepak terjang maupun karier politik seorang Jokowi.

*

Namun, ibu Sudjiati telah tiada. Berita duka merebak petang tadi (Rabu, 25/3/2020). Menyusup diantara berita duka lain yang terkait dengan penularan virus Corona dengan jumlah penderita maupun pasien meninggal yang terus bertambah.

Ya, Ibu Sudjiatmi Notomiharjo -ibunda Joko Widodo, Presiden ke 7 Republik Indonesia- wafat dalam usia 77 tahun di RST Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah. Media memberitakan:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline