Lihat ke Halaman Asli

Sugiyanto Hadi Prayitno

TERVERIFIKASI

Lahir di Ampel, Boyolali, Jateng. Sarjana Publisistik UGM, lulus 1982. Pensiunan Pegawai TVRi tahun 2013.

Aplikasi Ponsel, Nikmati Kemudahan, dan Selamat Berlibur

Diperbarui: 3 Juni 2019   06:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

aplikasi di smartphone (helodroid.com)

Tantangan kehidupan hari ini pasti lebih sulit dan berat dibandingkan dengan puluhan tahun silam. Demikianpun berbagai kemajuan teknologi membawa banyak kemudahan yang tak terbayangkan kala itu.

Di era modern ini, aplikasi menjadi salah satu komponen penting di dalam perangkat Laptop atau smartphone. Aplikasi dibuat untuk memudahkan pengguna, sementara itu cara memperolehnya pun mudah, dengan biaya kecil dan banyak yang gratis.

Suatu aplikasi dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman, seperti C, C++, Java, PHP, Python dan masih banyak lagi. Pada dasarnya aplikasi dibangun untuk mengolah instruksi dari pengguna sebagai input dan mengeluarkan hasil yang diinginkan sebagai output.

Kata Aplikasi diadopsi dari Bahasa Inggris "Application" yang berarti penggunaan, atau penerapan. Pengertian aplikasi secara lengkap adalah penerapan suatu perangkat lunak (software) yang dikembangkan untuk melakukan tugas tertentu.

Dalam pengembangannya, aplikasi dibedakan menjadi aplikasi desktop, aplikasi web dan aplikasi mobile.

Aplikasi yang hanya dapat dijalankan di perangkat komputer/PC disebut aplikasi desktop. Aplikasi yang dijalankan jika ada koneksi internet. Sedangkan aplikasi mobile adalah aplikasi yang dapat dijalankan di perangkat mobile. Suatu aplikasi dapat berjalan pada berbagai perangkat dioperasikan oleh OS (Operating System) yang terdapat dalam perangkat tersebut.

Kualitas suatu aplikasi terlihat dari kemampuan memenuhi kebutuhan user, merespon instruksi dengan cepat, dapat berjalan pada berbagai platform, dan membutuhkan resource (prosesor, memori, media penyimpanan) yang rendah. www.nesabamedia.com

*

Gerak teknologi terus berkembang, termasuk dalam penggunaan telepon seluler atau telepon genggam. Awalnya, ponsel hanya sebagai alat komunikasi elektronik untuk menelepon dan mengirim pesan (SMS). Kini ponsel semakin canggih dan banyak sekali kegunaannya. Itu sebabnya disebut telepon pintar, atau smartphone.

Kecanggihan perangkat itu tidak terlepas dari perkembangan aplikasi (mobile application) yang disematkan dalam ponsel. Penggunaannya harus melalui peng-install-an terlebih dahulu. Kini perusahaan gadget juga semakin bertambah maju, perkembangan aplikasi mobile pun juga sudah merambah.

Aplikasi mobile kini dapat dinikmati di setiap platform yang ada (Android, iOS, Blackberry, Windows Phone). blog.compro.id

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline