Lihat ke Halaman Asli

Banyaknya Pohon dan Tanaman di Lingkungan UIN Walisongo sebagai Upaya Mewujudkan Smart and Green Campus

Diperbarui: 31 Oktober 2022   14:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dewasa ini, kesadaran manusia akan pentingnya menjaga bumi semakin tinggi, terbukti dengan adanya aksi Go Green yang terus dikampanyekan. Aksi ini dilakukan untuk misi penyelamatan bumi dari kerusakan dan pemanasan global yang sebenarnya disebabkan oleh manusia sendiri. 

Go green salah satu upaya agar manusia mampu merubah gaya hidupnya menjadi lebih ramah lngkungan. Tidak hanya dilakukan perorangan saja, di instansi-intstansi pun sekarang ikut mengkampanyekan aksi ini. Dengan cara peduli terhadap lingkungan, dengan beberapa upaya yang dilakukan instansi tersebut agar terwujudnya lingkungan ynag hijau, bersih dan nyaman.

Di instansi pendidikan seperi di jenjang Perguruan Tinggi sudah banyak sekali yang memiliki program green campus. Salah satunya adalah UIN Walisongo Semarang, salah satu univeritas islam negeri yang terletak di semarang jawa tengah ini memiliki program smart and grean campus. Smart and green campus sendiri adalah sebuah program ynag telah direncanakan oleh pihak kampus untuk mewujudkan kampus yang hijau dan ramah lingkungan.

UIN Walisongo, dikenal dengan kampus hijau. Disamping karena gedungnya berwarna hijau, juga karena lingungannya banyak ditumbuhi berbgai macam jenis pepohonan dan tanaman hjau.

Salah satu upaya untuk mewujudkan green campus adalah dengan menanam pohon dan tanaman di lingkungan kampus. Penanaman tanaman hijau di kampus bisa juga disebut dengan Eco-Campus. Tanaman dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan memulihkan kembali udara dari polusi, karena tanaman adalah penyaring udara yang mampu menyerap gas polutan serta kotoran-kotoran lain di udara, sehingga udara akan terasa lebih segar.

Pohon dan tanaman di sekitar kampus sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Pohon dan tanaman ini tumbuh menghiasi lingkungan kampus, mulai dari gerbang utama kampus sampai ujung gedung kampus, tidak lupa juga tanaman dan pohon ini diberikan papan nama disertai dengan nama latinnya, sebagaimana terlihat dari hasil pengamatan yang telah dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2022 lalu di lingkungan kampus 2, di sekitar Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.

Disin terlihat pohon-pohon besar dan tanaman-tanaman hijau yang tinggi. Pohon dan Tanaman itu diantaranya seperti mahoni, trembesi , glodokan tiang, sukun, karet merah, Cendana, palem, matoa, Cemara Norfolk, tabebuaya, jati, kamboja dan masih banyak lagi. 

Jumlah pohon dan tanaman di lingkungan kampus UIN Walisongo sangat beragam jenisnya, mereka tumbuh dan subur untuk melindungi dari kerusakan bumi yang semakin bertambah waktu semakin terdampak akibat adanya pemanasan global, khususnya di lingkungan kampus UIN Walisongo.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline