Lihat ke Halaman Asli

Sugiantoro

Operator Humas Rutan barabai

Rutan Barabai Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 78

Diperbarui: 17 Agustus 2023   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo Lokal. Sumber ilustrasi: PEXELS/Ahmad Syahrir

Barabai, INFO_PAS - Bertempat di Lapangan Serbaguna Rutan, jajaran pegawai Rutan Barabai laksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 dengan tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, Senin (22/05) pagi.

Upacara diikuti oleh karutan, pejabat struktural, staf pegawai dan warga binaan pemasyarakatan. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Karutan Barabai, Gusti Iskandarsyah.

Adapun pakaian yang digunakan oleh peserta upacara adalah pakaian adat yang berbeda-beda berasal dari penjuru Nusantara.

Pada awal kegiatan, dilaksanakan pengibaran bendera merah putih oleh petugas diiringi dengan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam rangkaian upacara ini pula, disematkan Satya Lencana 30, 20 dan 10 Tahun kepada pegawai yang telah bekerja kepada negeri dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus menerus.

Selanjutnya, Gusti selaku inspektur Upacara menyampaikan amanat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly.

Pada amanatnya tersebut, ia menyampaikan rasa syukur 78 tahun Indonesia merdeka, dapat dimaknai dengan mengenang jasa pahlawan, menggugah semangat kebangsaan, mencintai dan semangat membangun bangsa tanah air Indonesia.

"Sebagai warga negara, kita harus berperan aktif mendukung capaian kemajuan pembangunan, membantu menyelesaikan masalah kebangsaan dan sebagai pemersatu bangsa," tambah Gusti.

Pada akhir sambutannya, disampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM yang sampai saat ini masih kompak, bersatu, saling menghargai, berkarya, berprestasi dan mampu berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan mandiri.

Terakhir, dibacakan doa dan dilaksanakan foto bersama seluruh peserta upacara termasuk warga binaan pemasyarakatan yang turut mengikuti upacara.

Lisa, salah satu peserta upacara sekaligus pegawai Rutan Barabai, menyampaikan upacara kali ini begitu khidmat dan disempatkannya doa untuk para pahlawan yang telah gugur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline