Lihat ke Halaman Asli

Percantik Pagar SDN Dempel 1, Bentuk Kenang-kenangan dan Terima Kasih KKN UM

Diperbarui: 17 Juli 2021   22:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Oleh: Revika Dihana Putri


KKN Pulang Kampung kelompok 1 Kabupaten Ngawi dilaksanakan di Ds. Dempel, Geneng, Ngawi. Mahasiswa telah membuat beberapa program kerja sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Program-program tersebut bekerjasama dengan pihak desa, masyarakat, serta sekolah. Sekolah yang bermitra dengan KKN UM adalah SDN Dempel 1. Program kerja yang dilaksanakan bersama SDN Dempel 1 diantaranya: pelatihan membuat media pembelajaran berbasis canva, bimbingan belajar, edukasi permainan futsal, BK, dan pengembangan bahan ajar Matematika. Dari banyaknya program kerja yang telah bekerjasama, KKN UM mengadakan kegiatan tambahan yaitu mengecat pagar sekolah sebagai bentuk terimakasih dan kenang-kenangan.

            Sebelum mengecat pagar, mahasiswa membersihkan pagar dari lumut dan bekas cat yang sudah mengelupas. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 pada pukul 08.00 hingga 11.00. Setelah selesai membersihkan pagar, beberapa mahasiswa perwakilan bergegas membeli cat dan ditemani oleh Bu Widya selaku guru SDN Dempel 1. Bu Widya mengatakan jika sebaiknya pagar dicat dengan kombinasi warna hijau tua dan hijau muda agar senada dengan cat bangunan sekolah.

Foto: Dokumentasi Pribadi


Esoknya, kegiatan dilanjutkan dengan mengecat pagar sekolah dan ditemani lagi dengan Bu Widya sebagai perwakilan SDN Dempel 1 dan mengarahkan mahasiswa dalam proses pengecatan. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00, semua mahasiswa siap dengan kuas masing-masing dan membawa ember atau kaleng bekas sebagai wadah cat. Mahasiswa terbagi menjadi dua yaitu mengecat sisi kanan dan sisi kiri pagar. Mereka terlihat semangat mengecat walaupun panas menyengat. Kegiatan ini selesai pada pukul 12.00, sehingga mahasiswa bisa lanjut dengan ishoma.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Selain kenang-kenangan berupa mengecat pagar sekolah, KKN UM juga memberikan tempat sampah untuk SDN Dempel 1. Tempat sampah tersebut diserahkan pada hari Rabu, 14 Juli 2021 yang juga saat itu dilaksanakan program kerja edukasi futsal dan BK kedua. Pihak SDN Dempel 1 mengucapkan terimakasih atas kenang-kenangan yang diberikan. Mahasiswa juga sangat berterimakasih kepada pihak sekolah karena sudah disambut dengan baik dan diberikan kesempatan untuk bermitra dalam pelaksanaa program kerja.

Foto: Dokumentasi Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline