Lihat ke Halaman Asli

KKN Universitas Negeri Malang Luncurkan Aplikasi Kearsipan Berbasis Web di Kantor Desa Dempel

Diperbarui: 9 Juli 2021   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan Kearsipan Surat Berbasis Website Di Kantor Desa DempelPelatihan Kearsipan Surat Berbasis Website Di Kantor Desa Dempel/Dokpri

Oleh: Windi Tursyiana Sholikhah


Kuliah Kerja Nyata yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang salah satunya yaitu Program Kerja pelatihan kearsipan surat berbasis website. Pada hari selasa tanggal 15 Juni 2021 diadakan sosialisasi mengenai materi kearsipan. Materi kearsipan sendiri terdapat beberapa poin-poin penting yang disampaikan, diantaranya beberapa tujuan penyelenggaraan arsip, dijelaskan beberapa macam arsip diantaranya arsip konvensional dan arsip digital. Selain itu juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan, serta perbedaan dari arsip konvensional dibandingkan dengan arsip digital.

Dokumentasi pribadi

Tidak hanya sosialisasi penyampaian materi, pada program kerja ini juga diberikan pelatihan mengenai pengoperasian apikasi kearsipan berbasis web yang dikembangkan oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang. Tepatnya pada selasa tanggal 21 Juni 2021, tujuan dari pelatihan pengopererasian aplikasi kearsipan berbasis web agar dapat mengembangkan sumber daya manusia di era digitalisasi ini. Selain itu aplikasi kearsipan berbasis web juga akan mempermudah dalam menyimpanan maupun penemuan kembali surat ataupun dokumen saat dibutuhkan. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang berusaha mengembangkan aplikasi kearsipan berbasis web yang mudah untuk dioperasikan bagi pegawai Kantor Desa Dempel.

Dokumentasi pribadi

Dokumentasi pribadi

Berikut merupakan halaman log in dalam aplikasi kearsipan berbasis web

dokumentasi pribadi

Dalam halaman log in ini terdapat nama pengguna dan kata sandi yang sebelumnya telah dibuat, yaitu berupa admin yang gunanya untuk pengguna baru, surat masuk yang digunakan untuk memasukkan surat masuk dan surat keluar yang digunakan untuk menginput surat keluar.

Apabila kita masuk dengan akun admin maka halaman beranda admin berisi yaitu jumlah surat masuk dan keluar, serta tanggal

dokumentasi pribadi


Dalam menu master data digunakan untuk menambah pengguna baru

dokumentasi pribadi

Sedangkan apabila kita log in menggunakan username atau nama pengguna suratmasuk maka menu tampilannya akan seperti ini

Dokumentasi pribadi

Dimana kita dapat menginput segala surat masuk didalamnya, nomor surat juga akan urut sesuai dengan urutan surat tersebut dimasukkan dalam aplikasi kearsipan berbasis web.

Dan apabila kita ingin mengimput data surat-surat keluar maka kita dapat log in dengan menggunakan nama pengguna suratkeluar maka akan masuk dalam halaman seperti dibawah ini

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline