Lihat ke Halaman Asli

Sucen

Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Zakat Fitrah, Penyempurna Ibadah Puasa

Diperbarui: 1 Mei 2022   23:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sudah menjadi rutinitas setiap akhir puasa, panitia pengumpul zakat fitrah desa bertempat di Masjid Jami' Baitul Makmur Desa Cenang, Songgom-Brebes. Sabtu, (1/05/2022).

Panitia didominasi para pemuda terlihat antusias menerima setiap warga yang datang.

Bagi warga yang belum atau tidak tahu cara niat zakat fitrah panitia tidak segan segan memberi arahan untuk membaca niat zakat fitrah yang sudah disediakan dan ditempel dipilar masjid.

Bagi yang bisa membaca huruf arab dipersilahkan langsung membaca niat dan ditujukan kepada atau untuk siapa zakat fitrah tersebut.

Yang tidak bisa membaca maka panitia bersedia menuntun melafalkan doa niatnya.

Tidak bisa dipungkiri walau setiap tahun ditunaikan niat zakat fitrah banyak yang belum hafal apalagi para lansia, panitia harus sabar dan telaten menuntun warga membaca agar zakat fitrah bisa bernilai sesuai niatnya.

Dokpri

Zakat Fitrah yang terkumpul dihitung dan segera dibagikan kepada yang berhak sesuai asnaf.

Panitia dalam hal penentuan penerima zakat tiada hentinya meneliti dan memastikan tidak ada warga yang berhak namun tertinggal. Jika dalam pembagiannya ada warga yang komplain tidak menrima padahal masuk dalam asnaf, maka panitia segera koreksi dan menyiapkan beras untuk diberikan kepada warga tadi.

Dari hasil pengumpulan didapati sebanyak 2.023 Kg beras dibagi untuk 269 fakir dan miskin setelah diambil amil 400 Kg sisanya dibagikan.

Amil dalam prakteknya semua kebutuhan logistik dan operasional personil, plastik, pendistribusian dan konsumsi diambil dari haknya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline