Lihat ke Halaman Asli

Sucen

Hidup itu sederhana, putuskan dan jangan pernah menyesalinya.

Siskamling sebagai Sistem Keamanan di Desa

Diperbarui: 30 Agustus 2020   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pri

Sejak masa kepemimpinan Junedi sebagai Kepala Desa Cenang, Songgom-Brebes Jawa Tengah Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) kembali digalakan.

Pos jaga sebagai pusat atau titik pertemuan para anggota linmas dan petugas ronda lainnya didirikan diujung desa tepat disebelah pintu masuk desa.

Sejak jadwal diterapkan Pos ronda tak pernah sepi ada yang iseng main gaple sekedar kegiatan menunggu jam keliling dimulai. Setiap malam sedikitnya ada 4 orang yang bertugas piket ronda.

Tidak hanya anggota linmas saja, perangkat desa, RT, dan RW tak luput dari jadwal. Setiap malam mendapat giliran.

Siskamling dianggap penting mengingat sering terjadi pencurian ditengah masyarakat sekaligus menjawab kegelisahan warga yang menganggap para perangkat desa jarang keluar untuk bersua bersosialisasi dengan warga.

Antusiasme warga menyambut kegiatan ini beragam, ada yang mengapresiasi ada pula yang mencibir ya itulah masyarakat ada pro dan kontra.

Disisi lain ada dilema yang dirasakan para anggota linmas dari jadwal tugas tidak diiringi dengan kejelasan kejahteraannya dari pemerintah desa sudah mengalokasikan anggaran namun dirasa kurang memadahi jika setiap malam ada jadwal ronda.

Sampai dengan saat ini belum ada solusi terkait kesejahteraan para linmas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline