Lihat ke Halaman Asli

Sugeng Hardianto

Wirausaha Mandiri

Tips Merawat Cat Mobil agar Tidak Cepat Kusam

Diperbarui: 3 Mei 2019   11:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa kali ketemu mobil yang nampaknya mungkin baru 2 atau 3 tahun keluar dari show room, tetapi nampak dari cat nya sudah nampak sekali kusam  , kilau catnya sudah tidak nampak lagi , kalau sudah begitu siapapun yang melihatnya pasti merasa kurang nyaman .

Mobil merupakan produk yang harganya cukup mahal , barang yang bukan kita beli sebulan sekali ataupun setahun sekali , Kalau bisa kita pakai mobil itu selama bertahun tahun atau selama mungkin , Nah agar mobil itu bisa kita pakai selama mungkin dan penampilannya tetap oke , maka harus ada yang namanya "perawatan" ,  baik mesinnya, interior maupun penampilan luarnya , tetapi mungkin karena alasan kesibukan maka hal hal tersebut kadang terabaikan.

Nah berikut kita beri tips sederhana tetapi sangat bermanfaat untuk menjaga agar permukaan cat mobil anda tampak selalu kinclong dan tahan lama

1.  Hindari Terkena Sinar Matahari langsung dalam Jangka Waktu Lama

Sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama sangat berpengaruh pada cat mobil . karena suhu yang panas apalagi material mobil dari logam sebagai konduktor panas akan membuat cat mobil menjadi cepat kusam.

Usahakan mencari tempat parkir di tempat yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari langsung .

2. Cuci Mobil Secara Berkala

Dipakai atau tidak dipakai usahakan mencuci mobil paling tidak seminggu sekali menggunakan shampoo khusus mobil. Jangan pakai sabun sembarangan  apalagi menggunakan sabun cuci piring karena shampoo mobil biasanya sudah di formulasikan secara khusus , penambahan additif pelindung cat dan juga setting PH balance sehingga tidak membuat cat mobil menjadi korosif.

3. Bagaimana Kalau Terkena Hujan

Air hujan bersifat asam sehingga akan korosif pada permukaan cat mobil. Jadi  apabila terkena hujan usahakan mobil langsung dicuci , dan kalaupun tidak sempat dicuci pada saat itu paling tidak semprot dengan air bersih terlebih dahulu.

4.  Lakukan Waxing

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline