Lihat ke Halaman Asli

Sugeng Hardianto

Wirausaha Mandiri

Apa yang Harus Diketahui Sebelum Berinvestasi Saham?

Diperbarui: 3 Desember 2017   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Saat ini berivestasi saham bisa dijadikan salah satu alternative dalam berinvestasi yang bisa memberikan hasil atau return yang cukup bagus asalkan dapat dijalankan dengan pengetahuan yang cukup dan dengan disiplin yang tinggi.

Pemerintah saat ini menggalakkan berinvestasi saham kepada masyarakat dengan slogan menabung saham , pengalaman  berharga yang dapat dipetik pemerintah dari Krismon  1997 yaitu pada saat krisis moneter dimana sebagian besar saham dipegang oleh investor Luar negeri  ditarik tiba-tiba yang menyebabkan krisis dahsyat  yang sudah sama sama kita rasakan bagaimana efeknya. Sehingga berdasar pengalaman tersebut akan lebih stabil kondisi pasar saham apabila pemegang saham adalah investor dalam negeri.

Kenapa Harus Saham?

Sebelum masuk ke Investasi saham ada baiknya kita membandingkan dengan Instrumen Investasi  yang lain yaitu membuka bisnis dan  Investasi di Property.

Membuka bisnis atau usaha tentunya membutuhkan modal dan keterampilan yang cukup, menurut Brian Tracy dalam bukunya Getting Rich with your Own way fakta menunjukkan bahwa hanya 20 % start up bisnis yang bisa melewati 2 tahun pertama dan dari 20 % itu hanya separuhnya yang bisa menjadi tumbuh dan mapan yang artinya sekitar 90 %  adalah gagal. Tanpa bermaksud mengecilkan hati bagi yang mau buka usaha tetapi tanpa kompetensi dan keahlian yang cukup usaha kita bisa menjadi bagian yang 90 % itu .

Kemudian kita bandingkan dengan Investasi di property, Investasi diproperty pastinya membutuhkan modal yang cukup besar , paling tidak sekarang 20 % dari nilai property tersebut harus kita sediakan sebagai DP , pendapatan dari sewa harus kita perhitungkan dengan besar angsuran bulanannya ,kemudian faktor lokasi yang sangat menentukan, apabila lokasi property kita tidak pas maka nilai property kita bisa bisa jatuh, belum lagi likuiditas, menjual property tentunya tidak mudah . bisa dalam seminggu laku bisa juga bertahun tahun belum laku.

Sekarang apa kelebihan Investasi saham dibanding Instrumen yang lain

a. Everytime Every where

Anda dapat bertransaksi saham kapanpun dan dimanapun asal ada koneksi internet dan Smartphone. Dengan kecanggihan teknologi sekarang bertransaksi saham bisa dilakukan menggunakan aplikasi android, bandingkan dengan property yang harus bawa2 sertifikat tanah kesana kemari.

b. Likuid

Dalam aplikasi itu juga anda dapat mencairkan uang kapanpun anda mau dengan tenggat pencairan paling lama 7 hari kerja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline