KONEKSI ANTAR MATERI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Kegiatan proses pembelajaran di jenjang anak usia dini ditandai adanya interaksi antara guru dan pesertadidik, proses belajar ditandai dengan adanya perubahan pada diri seorang anak baik perubahan tingkah laku maupun pengetahuan yang di awali oleh ketidaktahuan menjadi tahu dan diawali oleh ketidakfahaman menjadi faham.
Hal ini membutuhkan peran aktif seorang guru penggerak yang membawa kearah perubahan dan inovasi yang mana seorang guru menerapkan proses pembelajaran merdeka belajar, memberi kebebasan kepada seluruh pesertadidik, dengan demikian maka seorang guru harus memiliki nilai-nilai dan memberi contoh yang baik serta mampu membawa perubahan kearah yang lebih positif, apabila nilai positif dalam guru tidak di munculkan dan dibiarkan secara terus menerus maka dunia pendidikan akan tertinggal dan tidak ada kemajuan baik potensi pesertadidik maupun potensi guru akan terus rendah dan tertinggal oleh kemajuan jaman.
Nilai guru penggerak diantaranya adalah mandiri,reflektif,kolaboratif,inovatif dan berpihak pada murid,nilai mandiri adalah sebuah nilai yang harus ditumbuhkan dengan mandiri maka akan memiliki tanggung jawab yang baik, bekerja dengan baik mendidik anak dengan baik melalui mandiri seorang guru akan mampu menyelesaikan tugas secara mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain,memiliki Tnggung jawab yang tinggi.Nilai reflektif adalah merupakan nilai yang harus terus dilakukan oleh guru terutama dalam hal refleksi diri sendiri apa kekurangan yang ada pada diri tersebut harus ada solusi atas kekuranganya tersebut misalkan seorang guru dalam pembelajaran selalu monoton maka berusaha merefleksi diri melalui perubahan dengan cara mengganti metode pembelajaran yang menyenangkan atau seorang guru rendah dalam hal ilmu teknologi maka melakukan pengembangan diri dan merefleksi melalui pelatihan ilmu teknologi. Nilai kolaboratif kolaboratif adalah adanya bentuk kerjasama antara satu orang dengan yang lainnya, untuk mewujudkan tujuan pedidikan tercapai dengan baik maka diperlukan nilai kolaboratif baik dengan pihak kepala sekolah,rekan guru, orang tua peserta didik, komite sekolah, orang sekitar di lingkungan sekolah karena semua lapisan masyarakat saling berhubungan satu sama lain. Nilai inovatif adalah kemampuan menghasilkan terobosan baru yang ditandai oleh perubahan dan keatifitas seorang guru untuk kemajuan pendidikan terutama dalam pembelajaran seperti pembuatan alat peraga edukatif dari barang bekas dan sebagainya.Nilai berpihak pada murid merupakan nilai positif yang wajib dimiliki aleh guru karena prinsip pembelajaran adalah berpihak kepada murid dalam hal ini guru harus mampu mengembangkan potensi peserta didik sesuai kemampuanya masing-masing tidak menyeragamkan satu penilaian kepada anak akan tetapi memiliki nilai yang beragam sesuai bakat dan minta anak bisa guru menerapkan sistem menghamba kepada anak .
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seorang guru penggerak harus mampu menumbuhkan nilai diri yang positif diantaranya adalah mandiri,reflektif,kolaboratif,inovatif dan berpihak pada murid apabila guru tidak mampu mengembangkan nilai dalam diri tersebut maka tujuan pendidikan tidak akan tercapai dan selalu berasumsi bahwa saya selalu benar sendiri dan akan berdampak langsung kepada murid yang tidak pernah memiliki pembelajaran yang bermakna ketika sekolah maka dari itu mari kita semua para guru menjunjung tinggi nilai-nilai positif dan berperan aktif dalam menumbuhkan merdeka belajar kepada peserta didik kita. Semangat buat para guru penggerak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H