Lihat ke Halaman Asli

Sudomo

Guru Penggerak Lombok Barat

Buka dengan yang Manis Bersama Ponirah

Diperbarui: 14 April 2023   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi ponirah (klepon imut naga merah) siap dinikmati saat berbuka dengan yang manis (Foto: Dokumentasi Pribadi) 

Buka dengan yang manis bisa menjadi pilihan. Hal ini karena kandungan glukosa dalam makanan/minuman manis mampu memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh secara cepat. 

Namun, tentu saja saat berbuka dengan yang manis perlu memperhatikan kadar gulanya. Jangan sampai berlebihan dan justru menjadi penyebab penyakit nantinya. Oleh karena itu, harus bijak dalam penggunaan pemanis ini. 

Buka dengan yang manis idealnya dengan buah kurma. Namun, jika tidak ada bisa menggantinya dengan yang lain. Buah-buahan lain tentu juga menjadi pilihan yang baik untuk berbuka. 

Salah satunya adalah buah naga merah (Hylocereus polyrhizus). Buah ini dikenal memiliki banyak manfaat dan bisa diolah menjadi beragam macam olahan. Contohnya adalah klepon imut naga merah (ponirah). 

Membuat ponirah ini cukup mudah. Bapak-bapak juga bisa membuatnya sendiri saat ibu sedang menyiapkan hidangan lainnya di dapur. 

Berikut ini resep membuat ponirah secara praktis dan mudah. 


Jadikan ponirah sebagai sajian buka puasa Anda. Dijamin manisnya alami. Selain itu, rasa buah naga segar pun tetap bisa dinikmati. 

Sajikan ponirah sebagai menu berbuka dengan yang manis beserta olahan buah naga lainnya. Bisa berupa es krim buah naga atau es buah naga merah. 

Hmm... Yummy! 

Semoga bermanfaat! 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline